3 Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Siap Bertarung di Pilkada 2024

  • Whatsapp
Konferensi Pers Momisi Pemilihan Umum Sultenb di Kantor KPU Sulteng. Minggu (22/09/2024). Foto:Ist

PALU, BULLETIN.ID – 3 (tiga) pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) siap bertarung di pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2024. 

Ke-3 (tiga) pasangan Calon Gubernur yakni Pasangan Ahmad Ali dan Abdul Karim Aljufri, kemudian Pasangan Anwar Hafid dan Reny Lamajido dan juga Pasangan petahan Rusdy Masyura dan Sulaiman. 

Ke-3 calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng ini telah ditetapkan oleh  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah. 

“Kami telah menyelesaikan rapat pleno dan menetapkan tiga pasangan calon,” kata Ketua KPU Sulteng Risvirenol dalam saat jumpa pers di Kantor KPU, Minggu (22/09/2024).

Risvi Renol menjelaskan, ke-tiga pasang itu yakni Rusdy Mastura dan Sulaiman Agusto, didukung oleh empat partai politik dengan total 272.089 suara, kemudian pasangan Ahmad Ali dan Abdul Karim Aljufri diusung oleh delapan partai politik, dengan total 1.062.014 suaran, dan Pasangan Anwar Hafid dan Reny Lamadjido yang didukung tiga partai politik dengan total 340.299 suara sah.

“Proses penetapan ini dilakukan setelah mempertimbangkan tanggapan dari masyarakat, yang telah kami konsultasikan dengan KPU RI,” katanya menegaskan.

Ketua KPU Risvirenol menjelaskan bahwa untuk pengambilan nomor undian sendiri akan dilakukan pengamanan, KPU sendiri telah bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengamatan di sekitar area Kantor KPU Sulteng. 

“Kami telah mengatur agar setiap pasangan calon hanya diperbolehkan membawa maksimum 25 orang ke lokasi pengundian,” jelasnya.

Ia juga berharap agar pengambilan nomor urut bisa berjalan dengan aman dan tertib. Risvirenol menghimbau ora pendukung agar tetap aman. 

Pos terkait