DPRD Sulteng Ikuti Orientasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

  • Whatsapp
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulteng mengikuti orientasi yang di prakarsai oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( BPSDM) kementrian dalam Negeri di Jakarta, Selasa (08/10/2024).

JAKARTA,BULLETIN.ID – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulteng mengikuti orientasi yang di prakarsai oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( BPSDM) kementrian dalam Negeri. Selasa (08/10/2024).

Orientasi tersebut adalah gelombang ke-6 yang di ikuti oleh tujuh Provinsi di Indonesia yakni Sulteng 54, Sulbar 44, Maluku 2 Anggota , Aceh 76, Sumatera Utara 3, Jawa Barat 1, Kalimantan Timur 1 orang.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri RI Dr.Sugeng Hariyono, mengungkapkan bahwa orientasi bertujuan untuk menambah wawasan terkait kebangsaan, sistem pemerintahan, penguatan dan penegakan perundang-undangan, fungsi dan wewenang DPRD, hak dan kewajiban Anggota DPRD, dan berbagai wawasan lainnya.

“kegiatan orientasi adalah merupakan suatu proses pengenalan fungsi, tugas, dan wewenang bagi Anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, serta bertujuan untuk meningkatkan integritas  dan moralitas dalam mengimplementasikan kode etik dalam menjaga martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas DPRD” kata Sugeng Hariyono.

Ia berharap agar seluruh Aggota DPRD mampu terus meningkatkan kinerja, baik individu maupun secara kelembagaan.

Anggota DPRD juga diharap mampu memperjuangkan kepentingan dan hak-hak masyarakat melalui segala kewenagan dan kebijakan yang dimiliki.

“jangan sampai program dan kegiatan dari kepala daerah lewat begitu saja tanpa ada evaluasi dan masukan dari pihak DPRD” tuturnya.

Lebih lanjut sugeng mengemukakan bahwa untuk mewujudkannya, harus dibangun Kerjasama dan komunikasi yang harmonis antara DPRD dan kepala daerah agar tujuan untuk mewujudkan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud sesuai dengan harapan bersama.

Sementara itu  Pimpinan Sementara DPRD Sulteng Yus Mangun menyampaikan bahwa kegiatan orientasi ini sangat bermanfaat bagi Anggota DPRD untuk lebih meningkatkan wawasan dalam hal melaksanakan tugas sebagai seorang legislator.

Berita Pilihan :  Kemenkumham dan KPU Edukasi Pentingnya Hak Suara bagi Anak Berhadapan Hukum

Yus juga menyampaikan bahwa anggota DPRD Sulteng yang mengikuti orientasi tersebut sangat antusias, menurutnya  materi yang diberikan oleh para narasumber sangat bermanfaat bagi Anggota DPRD, khususnya bagi Anggota DPRD Sulteng.

“materi yang sajikan atau yang diberikan oleh para narasumber 90% adalah hal baru yang kita terima pada saat ini bukan suatu hal yang berulang-ulang yang sampaikan” kata Yus Mangun.***

Pos terkait