Ketua Aji Palu Tekankan Pentingnya Peran Media Dalam Mengawal Pilkada 2024

  • Whatsapp
Coffe morning dan pelayanan pers dalam rangka Sosialisasi Tahapan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Tahun 2024.Minggu (28/07/2024). (Bulletin/Foto:Indra)

PALU, BULLETIN.ID – Dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka pemilihan kepala daerah tahun 2024,Komisi pemilihan umum (KPU)  Sulawesi Tengah (Sulteng) menggandeng unsur media dalam mensosialisasikan tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, serta pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu tahun 2024.

Komisioner KPU Sulteng Nisbah menyampaikan bahwa peran media sangat penting dalam tahapan penyelenggaraan pemilu 2024, namun meski demikian media juga diminta bahwa dalam menyajikan informasi harus seimbang dan sesuai fakta-fakta yang di lapangan, mengingat momen Pilkada adalah moment sensitif. 

“Media harus bisa menyampaikan berita yang tidak menambah atau mengurangi informasi yang kami berikan untuk masyarakat, kami juga berharap ada keberimbangan informasi” Kata komisioner KPU Sulteng Nisba dalam Coffe morning dan pelayanan pers dalam rangka Sosialisasi Tahapan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil

Gubernur Sulawesi Tengah Tahun 2024.Minggu (28/07/2024). 

Sementara itu ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu Yardin Hasan mengatakan bahwa media membantu mendidik pemilih mengenai pentingnya partisipasi dalam pilkada, selain itu media juga mampu meningkatkan partisipasi pemilih.  

“ jurnalis adalah mata dan telinga demokrasi, mengawasi setiap tahapan pilkada dengan kejelian dan keberanian memastikan kebenaran selalu terjaga dan keadilan tetap ditegakkan” Ungkap Ketua AJI Kota Palu Yardin Hasan saat menjadi pemateri dalam agenda tersebut. 

Ia juga berharap agar dalam melakukan peliputan jurnalis mampu menyajikan berita-berita yang simbang. 

Tahapan pemilihan Gubernur dan wakil gubernur sulteng kini telah masuk pada tahap pencocokan hasil coklit yang telah dilakukan di tiap-tiap Kabupaten Kota. 

Saat ini telah KPU juga telah melakukan pemutakhiran data pemilih serta pemetaan daftar pemilih. 

Berita Pilihan :  Pusat Kuliner di Huntap Talise Segera diresmikan

“ jadi yang awalnya kurang lebih delapan ribu TPS untuk pemilu dan untuk nanti pemilihan gubernur sekitar kurang lebih empat ribu” Kata Cherly ilyas kepala bagian teknis penyelenggaraan pemilu partisipasi dan humas. 

Ia menjelaskan bahwa salah satu tahapan penting adalah tahapan pemutakhiran data  pemilih dan pemetaan tempat pemungutan suara (TPS). Untuk itu partisipasi aktif masyarakat untuk melakukan pengecekan data pemilih melalui website cekdotonline.kpu.go.id. (Ind)

Pos terkait