BNPT Dan FKPT Gelar Aksi Musik Anak Bangsa 

  • Whatsapp
Sejumlah pemusik band maupun penyanyi solo mengikuti gelar Asik Bang (Aksi Musik Anak Bangsa) di Kota Palu, Sulawesi Tengah.(bulletin/foto:ist)

PALU,BULLETIN.ID – Sejumlah pemusik band maupun penyanyi solo mengikuti gelar Asik Bang (Aksi Musik Anak Bangsa) di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Pesertanya dari kalangan pemuda, pelajar, mahasiswa, bahkan hingga dosen turut mengikuti gelar musik tersebut dengan penuh antusias menampilkan bakat terbaiknya.

Gelar Aksi Bang tersebut sengaja digelar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Sulawesi Tengah, sebagai programnya untuk membangun spirit kebangsaan kepada pemuda-pemudi Indonesia demi memperkuat rasa cinta kepada tanah air.

Bahkan, lagu ataupun musik yang dipentaskan dalam ajang tersebut mengusung tema kebangsaan. Selain berbekal keahlian dalam bakatnya, para peserta harus mampu menjiwai karakter kebangsaan yang kuat dalam dirinya.

Ketua FKPT Sulawesi Tengah, Nur Sangaji, mengatakan, hal itu penting dilakukan terutama bagi para pemuda penerus bangsa. 

“Sehingga mereka menjadi penangkal yang paling utama berhadapan dengan isu-isu yang merusak persatuan dan kesatuan yang bersifat radikal, dan berbagai macam problem seperti terorisme, korupsi,  narkoba, dan lain sebagainya. Pokoknya yang mengancam eksistensi bangsa ini,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Palu yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti, menyambut baik inisiasi gelar musik tersebut. Menurutnya, Kota Palu memerlukan peran para pemuda sebagai entitas mayoritas dalam masa bonus demografi saat ini. 

“Kita semua berkeyakinan bahwa para pemuda akan mampu mentransfer semangat toleransi dan anti radikalisme dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan bangsa,” ujarnya saat membuka kegiatan tersebut di salah satu Coffe Kota Palu, Jumat 21-07-2023.

Salah satu wujud semangat pencegahan terorisme, sebutnya, dapat dilakukan dengan memunculkan kesadaran di kalangan pemuda. 

Berita Pilihan :  Prestasi Abdul Karim Aljufri Diharap Mampu Menulari  Anak Muda di Sulteng

“Bahwa kemajuan bangsa dalam mencapai kesejahteraan dan keadilan sosial menuju kota Palu yang bermartabat dengan tetap mempertahankan idiom lokal ‘Masintuvu Kita Maroso, Morambanga Kita Marisi’,” pungkasnya. 

Pemenang nantinya akan diberikan hadiah uang tunai senilai Rp2 hingga Rp3 juta. Dan juga akan diberangkatkan di Jakarta untuk mengikuti Asik Bang tersebut pada tingkat nasional berhadapan dengan para pemenang dari masing-masing wilayah se-Indonesia.

Menariknya, acara yang digagas oleh BNPT, FKPT Sulteng berkolaborasi dengan Universitas Tadulako dihadiri Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT, IPU.,ASEAN Eng dan penampilan khusus The Gils Band yang personilnya para Profesor Untad.

Pos terkait