DPRD Sulawesi Tengah Dorong Kerjasama OPD dalam Pelaksanaan Korkom

  • Whatsapp

PALU,BULLETIN.ID – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengadakan pertemuan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta perusahaan daerah (Perusda) terkait dalam rangka persiapan untuk Koordinasi dan Komunikasi Antar Daerah (Korkom). Rapat ini berlangsung di ruang sidang utama pada hari Kamis (2/3/2023).

Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II, Moh. Nur Dg. Rahmatu, SE, dan dihadiri oleh Wakil Ketua I, H. Muhammad Arus Abdul Karim, serta anggota Komisi II lainnya, seperti Faisal Al Atas, Halima Ladoali, dan Rosmini A. Batalipu.

Nur Dg. Rahmatu, Wakil Ketua Komisi II, menyampaikan bahwa rapat bersama OPD dan instansi terkait ini bertujuan untuk mempersiapkan pelaksanaan Korkom antar daerah. Selanjutnya, ia juga mengajak OPD dan instansi terkait yang memiliki penghasilan atau sumber pendapatan untuk APBD untuk ikut serta dalam studi dan koordinasi antar daerah ini.

“OPD dan instansi terkait yang berkontribusi pada pendapatan daerah diharapkan aktif dalam proses koordinasi dan komunikasi antar daerah ini, karena hal ini sangat penting untuk mencari regulasi yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita,” ungkapnya.

Korkom kali ini akan berkaitan dengan kunjungan ke Provinsi Jawa Barat, yang akan menjadi contoh dalam menerapkan regulasi-regulasi yang dapat meningkatkan PAD sesuai dengan visi dan misi gubernur.

“Setelah mengikuti Korkom, kami berharap dapat merumuskan regulasi dalam bentuk rancangan peraturan daerah (ranperda) yang akan menjadi dasar dalam peningkatan PAD kita,” tambahnya.

Dalam rapat ini, hadir berbagai OPD dan instansi terkait, seperti Dinas Penanaman Modal dan Satu Pintu, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pangan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Perkebunan dan Peternakan, BPKAD, Kelautan dan Perikanan, Dinas Kehutanan, Pendapatan Daerah, Biro Perekonomian, Biro Administrasi Pembangunan, serta PT. Pembangunan Sulteng dan PT. Bank Sulteng.

Pos terkait