DPRD Morut Usulkan UPTD Pertambangan Dalam Kuker ke Dirjen Minerba

  • Whatsapp
DPRD Morut Usulkan UPTD Pertambangan Dalam Kuker ke Dirjen Minerba. (Bulletin/Foto:Ist)

JAKARTA,BULLETIN.ID- Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Morowali Utara (Morut) meminta Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba), Letjen TNI (Purn) Bambang Suswantono agar membentuk UPTD Pertambangan di wilayah Kabupaten Morot. 

” Kunjungan ke Dirjen Minerba ini dalam upaya mendorong agar pelayanan terkait pertambangan lebih dekat. Jadi jika ada warga demo ke Pemerintah dan DPRD Morut soal pertambangan, atau pun soal ganti rugi lahan misalkan, kami DPRD langsung koordinasi ke UPTD Pertambangan ini. Sehingga koordinasi permasalahan pertambangan lebih mudah,”ungkap Warda Dg Mamala Ketua DPRD Morut 

Hal ini tentu direspon positif oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba), Letjen TNI (Purn) Bambang Suswantono. 

Dalam pertemuan tersebut Dia mengakui bahwa DPRD Morut tidak hanya fokus pada manfaat ekonomi dari pertambangan, tetapi juga mempertimbangkan masalah sosial, lingkungan, dan kemasyarakatan.

Menurutnya keberlangsungan usaha pertambangan harus didukung oleh keseimbangan ekonomi dan sosial, untuk tujuan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat. 

Dalam upaya mendorong pengawasan yang lebih baik, kata dia,pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk membentuk sistem teknologi informasi yang bertujuan mendekatkan pelayanan dan pengawasan pertambangan di Morut.

Selain itu, mereka juga akan membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan menempatkan inspektur tambang. 

“Ini merupakan langkah konkret dalam mengoptimalkan manfaat ekonomi dan sosial dari kegiatan pertambangan di daerah tersebut,”pungkasnya.

Sebelumnya Sekitar 10 orang anggota DPRD Morowali Utara dipimpin langsung ketua DPRD Morut Warda Dg Mamala menemui Dirjen Minerba. *** 

Berita Pilihan :  Jeffisa Putra Amrullah Rancang Misi '4 JALAN BARU' untuk Morowali Utara

Pos terkait