Poltekkes Palu Berikan Edukasi Pencegahan Anemia pada Remaja Putri di Desa Sibalaya Utara

  • Whatsapp
Poltekkes Palu Berikan Edukasi Pencegahan Anemia pada Remaja Putri di Desa Sibalaya Utara. (Bulletin/Foto:Ist)

PALU,BULLETIN.ID – Poltekkes Palu melalui tim dosen dari Program Studi Kebidanan menyelenggarakan kegiatan edukasi dan optimalisasi kader kesehatan remaja di Desa Sibalaya Utara pada hari Jumat (23/02). Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah anemia pada remaja putri di wilayah pedesaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh 23 kader kesehatan remaja dan dipimpin oleh Ketua Tim Dosen Ns. Taqwin, M.Kes., bersama Narmin, S.St., M.Keb., dan Sri Restu, M.Sc., serta beberapa mahasiswa Poltekkes Palu jurusan Kebidanan.

Para kader kesehatan remaja juga diuji pengetahuan mereka tentang anemia sebelum dan setelah materi disampaikan. Hasilnya menunjukkan bahwa setelah edukasi, pengetahuan kader tentang anemia pada remaja putri meningkat secara signifikan.

Kepala Puskesmas Kamaipura Sibalaya Utara, yang diwakili oleh Herliyani, SKM., menyambut baik kegiatan ini. “Kami sangat bersyukur dengan kegiatan ini karena sangat membantu kami sebagai fasilitator di Kecamatan Tanambulava untuk meningkatkan pengetahuan kader kesehatan remaja. Selama ini belum ada pelatihan khusus untuk mereka,” ungkap Herliyani.

Salah satu kader kesehatan remaja, Vivi, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya dan teman-temannya. “Kegiatan ini sangat bermanfaat. Kami jadi tahu bahaya anemia pada remaja putri dan ilmu ini akan saya sampaikan kepada teman-teman yang belum sempat ikut hari ini,” ujar Vivi.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bentuk komitmen Poltekkes Palu dalam mendukung kesehatan masyarakat, khususnya dalam mencegah anemia pada remaja putri di wilayah pedesaan

Berita Pilihan :  Festival Film Pelajar, Sulteng 2024 Ajang Unjuk Kreasi Pelajar di Dunia Perfilman 

Pos terkait