Festival Raodha 2024 Hiasi Haul ke- 56 Guru Tua 

  • Whatsapp

PALU, BULLETIN.ID – Wali Kota Palu diwakili Asisten bidang Administrasi Umum Setda Kota Palu, Imran Lataha, menghadiri Pembukaan Haul Guru Tua Raodha Festival 2024, pada Rabu, 17 April 2024 di Kawasan Religi Alkhairaat, Jalan Sis Aldjufri, Kota Palu.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan sebagai rangkaian Haul Guru Tua, Habib Sayyid Idrus bin Salim Aldjufri ini dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura bersama pejabat lainnya.

Asisten Imran yang membacakan sambutan tertulis wali kota menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas nama Pemerintah Kota Palu, atas terselenggaranya Haul Guru Tua Raodha Festival 2024.

Kegiatan yang merupakan bagian dari perayaan Haul ke-56 pendiri perguruan Islam Alkhairaat, Habib Sayyid Idrus bin Salim Aldjufri atau Guru Tua.

Menurut asisten, perayaan Haul ini tidak hanya sekedar menjadi momen untuk mengenang sosok pendiri yang mulia, tetapi juga menjadi momentum yang tepat untuk merefleksikan nilai-nilai luhur yang telah ditanamkan.

“Guru Tua bukan hanya seorang pendiri perguruan, tetapi juga seorang guru besar yang telah memberikan kontribusi yang tak ternilai kepada masyarakat, terutama dalam hal pendidikan dan pengembangan spiritualitas,” kata asisten.

Asisten menyatakan, tentunya kita tidak ingin nilai-nilai historis daerah ini mengalami degradasi dan hilang karena pengaruh globalisasi yang cenderung memberikan pergeseran dalam berbagai aspek nilai dan norma kehidupan.

Salah satunya adalah nilai-nilai yang telah diwariskan oleh Habib Sayyid Idrus bin Salim Aldjufri yaitu pendidikan melalui Lembaga Alkhairaat.

Asisten Imran mengatakan, Haul Guru Tua Raodha Festival ini adalah bagian dari pelaksanaan Haul Guru Tua, yang merupakan suatu perayaan dan peristiwa religius penting setiap tahun digelar untuk memperingati wafatnya Habib Sayyid Idrus bin Salim Aldjufri yang digelar setiap tanggal 12 Syawal.

Bagi ribuan warga Abnaul Khairaat, kata asisten, tanggal 12 Syawal adalah hari istimewa dimana secara berduyun-duyun datang ke Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah dengan tujuan yang sama, yaitu menghadiri Haul Guru Tua atau memperingati wafatnya tokoh dan tonggak Islam di kawasan Indonesia Timur.

“Tahun 2024 kali ini adalah tahun ke-56 pelaksanaan Haul Guru Tua. Pada pelaksanaannya di tahun ini, cita-cita luhur dan perjuangan Guru Tua untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan Islam kembali ditegaskan,” ujar asisten.

“Bersama murid-muridnya, Guru Tua mendirikan Madrasah Alkhairaat yang kemudian berkembang menjadi perguruan Islam Alkhairaat adalah warisan perjuangan Guru Tua dalam memajukan pendidikan Islam dan peningkatan perekonomian umat Islam,” lanjut asisten.

Asisten menyatakan, hal tersebutlah yang telah menempatkan Habib Sayyid Idrus bin Salim Aldjufri menjadi salah satu tokoh pejuang penting di Provinsi Sulawesi Tengah.

Asisten menambahkan pelaksanaan Haul Guru Tua Raodha Festival 2024 ini, merupakan momentum untuk menegaskan kembali perjuangan Guru Tua untuk memajukan pendidikan Islam dan kebudayaan Islam serta menumbuhkan perekonomian umat Islam di Indonesia khususnya di Kota Palu dan kawasan Timur Indonesia.

Pos terkait