Sekkot Buka Diklat Bermuatan Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan Berbasis Kearifan Lokal  

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, pada Senin, (24/06/ 2024) di aula kantor setempat.

PALU, BULLETIN.ID – Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, pada Senin, 24 Juni 2024 di aula kantor setempat.

Diklat yang menghadirkan sejumlah pihak ini terkait dengan Pancasila dan wawasan kebangsaan berbasis kearifan lokal di Kota Palu, yang diselenggarakan dari tanggal 24 – 26 Juni 2024.

Sekkot Irmayanti yang membacakan sambutan tertulis wali kota menyampaikan bahwa, Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, merupakan fondasi utama dalam pembangunan karakter kebangsaan. 

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus senantiasa diimplementasikan dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

“Melalui Diklat ini, kita berupaya memperkuat pemahaman dan penghayatan kita terhadap nilai-nilai luhur Pancasila dan wawasan kebangsaan,” kata Sekkot.

Sekkot menyatakan, kegiatan ini memiliki peran yang sangat strategis dalam membentuk karakter bangsa yang kuat, berintegritas, dan berwawasan kebangsaan. 

Di tengah tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kita dituntut untuk tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat dalam nilai-nilai kebangsaan. 

Melalui pendidikan dan pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat menjadi agen perubahan yang mampu menginspirasi dan menggerakkan masyarakat menuju kemajuan yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Menurut Sekkot, Peningkatan karakter kebangsaan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi merupakan tanggung jawab bersama. 

Oleh karena itu, Sekkot mengajak seluruh pihak berkolaborasi dan bersinergi dalam menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila di setiap lini kehidupan. 

“Kita harus menjaga persatuan dan kesatuan, menjunjung tinggi semangat gotong royong, serta membangun solidaritas sosial untuk menciptakan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera,” ungkap Sekkot.

Berita Pilihan :  Silpa APBD Kota Palu Tahun Anggaran 2023 Sebesar Rp 21.425.488.170,27 

Sekkot juga berharap peserta Diklat dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan kesungguhan. 

“Manfaatkanlah kesempatan ini untuk memperdalam pengetahuan dan memperluas wawasan, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan membawa manfaat yang besar bagi kemajuan kota Palu tercinta,” tambah Sekkot.

.

Pos terkait