Survei SSI: Anwar Hafid dan dr. Reny Lamadjido Teratas dengan Elektabilitas 32,85 Persen

  • Whatsapp
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Anwar Hafid dan Reny Lamajido. Foto: Tim Berani

PALU, BULLETIN.ID  – Lembaga Script Survei Indonesia (SSI) merilis hasil survei terbaru terkait dinamika Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tengah (Sulteng) 2024. Hasil survei ini menunjukkan pasangan Anwar Hafid dan dr. Reny Lamadjido semakin menguat, bersaing ketat dengan pasangan petahana Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto Hambuako.

Survei yang dilaksanakan sejak periode 15-30 September 2024, mencakup delapan kecamatan di Kota Palu dengan 800 responden yang dipilih secara acak. Metode Multistage Random Sampling digunakan dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 3,6 persen. 

Hasilnya, pasangan Anwar Hafid dan dr. Reny Lamadjido berhasil unggul di empat dari delapan kecamatan yang disurvei, dengan total perolehan elektabilitas mencapai 32,85 persen, melampaui Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto yang meraih 28,38 persen, serta Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri yang mendapatkan 26,38 persen.

Keunggulan pasangan Anwar-Reny di beberapa kecamatan strategis, seperti Mantikulore dan Palu Utara, menjadi salah satu faktor utama meningkatnya elektabilitas mereka. Di Kecamatan Mantikulore, Anwar-Reny memimpin dengan 44,85 persen, meninggalkan jauh Rusdy Mastura yang hanya memperoleh 13,94 persen. Sedangkan di Kecamatan Palu Utara, mereka meraih 34,00 persen, mengungguli kandidat lainnya, termasuk petahana.

Survei ini menunjukkan dinamika yang menarik, di mana Anwar Hafid dan dr. Reny Lamadjido mulai menunjukkan daya saing yang signifikan, bahkan di kecamatan-kecamatan yang sebelumnya menjadi basis kuat kandidat lain.

“Metode digunakan adalah Multistage Random Sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error 3,6 persen. Periode Survei SSI 15-30 September 2024,” ujar Yuhardin, Direktur Eksekutif SSI.

Meski hasil survei menunjukkan persaingan yang ketat, masih ada 12,38 persen responden yang belum menentukan pilihan. Hal ini menunjukkan bahwa peluang masih terbuka bagi pasangan Anwar-Reny untuk terus meningkatkan dukungan, terutama melalui program unggulan mereka yang dekat dengan kebutuhan masyarakat, seperti pendidikan gratis melalui Sulteng Nambaso dan layanan kesehatan gratis dengan KTP melalui program BERANI Sehat.

Berita Pilihan :  Ahmad Ali Percaya Anak Muda Bisa Berkontribusi Majukan Sulawesi Tengah

Dengan angka elektabilitas yang terus tumbuh, ditambah program-program yang menarik perhatian masyarakat, pasangan Anwar Hafid dan dr. Reny Lamadjido berpotensi besar menjadi pemimpin baru Sulawesi Tengah di 2024.**

Pos terkait