Pasangan Handal Komitmen Dukung Kegiatan Kepemudaan

  • Whatsapp
Calon Wali Kota Palu Hidayat saat menungunjungi puncak Salena

PALU, BULLETIN.ID – Menanggapi banyaknya pertanyaan sejumlah tokoh pemuda di kelurahan Lasoani dan beberapa wilayah lainnya soal dukungan terhadap kegiatan kepemudaan, Calon Wali Kota Palu nomor urut 1 (Satu) Dr Hidayat MSi menegaskan, Dia dan calon Wakil Wali Kota Palu Andi Nur B Lamakarate atau sering disebut pasangan Handal akan memperhatikan dan memberi dukungan terhadap kegiatan kepemudaan di setiap wilayah di Kota Palu.

Dirinya akui, saat menjadi Wali Kota Palu periode 2016-2021 lalu, telah menganggarkan sejumlah dana untuk membantu kegiatan kepemudaan melalui program Masintuvu dan Morambanga di masing-masing kelurahan dan kecamatan dari sebesar Rp.30 juta hingga Rp.40 juta.

“Waktu jadi Wali Kota Palu periode 2016-2021 lalu, saya telah menganggarkan dana untuk mendukung kegiatan kepemudaan disetiap kelurahan dan kecamatan, seperti kegiatan lomba Agustusan, Maulid, Isra Miraj, kegiatan keagamaan lainnya,” tegasnya.

Jika terpilih Kembali pada perhelatan Pilkada tahun 2024 ini, Hidayat bersama Andi Nur B Lamakarate berjanji akan meneruskan program itu sebagai bentuk dukungan atas kreatifitas kepemudaan di Kota Palu.

“Jika Allah SWT, Tuhan YME mengizinkan kami kelak, saya akan melanjutkan program tersebut dan mungkin akan mempelajari lagi untuk mengalokasikan dana yang sesuai,” katanya.

Menanggapi hal itu, Alfons salah satu toko pemuda Lasoani memberikan apresiasi kepada calon wali kota yang kerap disebut ‘Salam Hormat Handal’ itu. Pasalnya, beberapa tahun terakhir menurutnya tidak ada lagi program serupa yang kongkrit mendukung kreativitas 

mereka selaku pemuda di setiap kelurahan.

“Kami kalau mau bikin kegiatan tahunan seperti lomba-lomba Agustusan atau lomba keagamaan, kurang direspon pemerintah saat ini. Tak jarang kami harus patungan dana pribadi baru bisa menggelar kegiatan itu,” bebernya.

“Zaman pa Hidayat lalu, ada dukungan dana tersebut buat kami gelar kegiatan-kegiatan kepemudaan didaerah.Tapi beberapa tahun ini sudah susah kalau kita ajukan proposal,” tambahnya.

Lain halnya dengan Najir, salah seorang pemuda yang menjadi peserta kampanye di Lasoani, Rabu 16 Oktober 2024 malam. Dia sangat mendukung visi misi pasangan Handal yang barusan ia dengarkan yang dipaparkan secara gambling oleh calon wali kota Dr Hidayat MSi.

Berita Pilihan :  Hidayat Akan Lanjutkan Program Peningkatan Akhlak Bagi Anak Sekolah

Ia hanya menambahkan, jika kelak pasangan itu terpilih, kiranya dapat mendukung pula kegiatan otomotife yang kerap dilaksanakan di kota ini. Selaku pemuda yang suka kegiatan otomotif, Ia berharap, wajah kota kesayangan orang banyak ini dapat memiliki daya tarik lebih lagi dari ornamen daerah sebagai ciri khas sebuah daerah.

“Biasanya kalau kami ke daerah orang dalam rangka mengikuti kegiatan otomotif, pasti disuguhkan dengan tempat-tempat yang mencerminkan daerah itu, seperti tugu khas, tugu nol kilometer, tempat rekreasi dan kuliner serta ikon-ikon kota lainnya. Kami mendokumentasikan dengan ponsel untuk membuktikan kami sudah pernah kedaerah tersebut,” Katanya menjelaskan.

“Kayak puncak Paralayang Salena itu pak, kalau ada tulisan besar, pasti jadi daya tarik orang-orang untuk mengunjungi tempat itu, bahkan orang lain dari luar Kota Palu,” katanya mencontohkan.

Sebagai sosok yang peduli dengan kegiatan kepemudaan, Hidayat terang menjawab dua keinginan dan harapan para pemuda tersebut. Kata dia, sejak dulu ia sangat mensupport kegiatan-kegiatan positif yang kerap kelompok anak muda lakukan.

Makanya, ia menggelontorkan sejumlah anggaran untuk membantu kreatifitas mereka yang diplot ke dinas Pemuda dan Olahraga saat itu.

Soal ornamen kota sebagai daya tarik wisata lokal maupun mancanegara. Hidayat menjelaskan bahwa visi misi yang mereka usung adalah jawaban dari keresahan pemuda-pemuda tersebut. Palu Kota Destinasi dan Industri adalah tujuan mereka untuk menjadikan kota Palu sebagai tujuan wisata baik lokal, nasional maupun internasional.

“Saat menjabat, saya telah membangun beberapa ornamen kota sebagai tujuan orang seperti bangun Tugu Nol Kilometer ‘Sambulu Gana’, ada tugu Songgolangi, sejumlah Trotoar seperti kota-kota besar kita perbaiki dan drainase yang menggunakan produk beton (Uditch) untuk memperindah kota,” sebut Hidayat.

“Di Puncak Salena, saya rencanakan dengan menganggarkan pada akhir jabatan saya, tulisan Eko Wisata Puncak Salena, begitu juga di Uventumbu, namun saya tidak diizinkan Tuhan lagi menjabat kemarin. Makanya, jika kelak masyarakat percayakan kembali, saya akan tuntaskan semua itu,” urai Hidayat disambut doa dan tepuk tangan masyarakat yang datang saat kampanye. ***

Pos terkait