Isra Mi’raj Hendaklah Mampu Diaktualisasikan Untuk Meningkatkan Ilmu Agama 

  • Whatsapp
peringatan isra mi’raj SAW 2022 yang diselenggarakan oleh Yayasan Insan Kamil Indonesia Palu, Sulawesi Tengah di pondok Pesantren Modern Nurul Huda 19/02/2023. ( Bulletin/Foto: Dok humas pemkot)

Bulletin.id, Menyelami Dahsyatnya Peristiwa Isra’ Mi’raj untuk Memperkuat Iman di Zaman Milenial, tersebut menjadi tema peringatan isra mi’raj SAW 2023 yang diselenggarakan oleh Yayasan Insan Kamil Indonesia Palu, Sulawesi Tengah di  pondok Pesantren Modern Nurul Huda 19/02/2023.  

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Camat Mantikulore Gunawan.Dalam sambutannya Gunawan mengatakan bahwa Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa perjalanan Rasulullah Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsha di Palestina dalam waktu singkat.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan terus naik ke langit pertama sampai ke langit ketujuh dan naik ke Sidratul Muntaha guna menerima perintah Sholat dari Allah SWT.

“Memang bukan perjalanan biasa yang semua orang bisa melakukannya, meskipun dengan kekuatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih sekalipun, melainkan merupakan perjalanan ibadah, perjalanan yang sangat istimewa dan luar biasa, serta hanya terjadi pada hamba-hamba pilihan yang dikehendaki oleh Allah SWT,” katanya.

Ia menyampaikan dengan peringatan Isra’Mi’raj hari ini, dapat dipetik makna serta diaplikasikan dalam menjalin hubungan antar manusia dengan Allah SWT dan hubungan manusia dengan manusia, olehnya Kegiatan semacam ini harus terus dilaksanakan karena merupakan upaya yang tepat dan tuntutan yang sangat diperlukan pada saat ini.

Khususnya dalam rangka mendidik dan membina dengan nilai-nilai Islam dan iman, sehingga generasi muda di negeri ini mempunyai kekuatan untuk meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dilarang agama.

Ia menyebut Pemerintah Kota Palu dalam pengimplementasian program, sesungguhnya berupaya menjadikan spirit religiusitas yang Islami sebagai dasar untuk menggerakkan pembangunan di Kota Palu.

Saat ini, katanya berbagai program dan kegiatan telah dirancang, agar umat-umat beragama lainnya dapat terbangun mental spiritualitasnya secara optimal.

Berita Pilihan :  Pemprov Sulteng serahkan bonus atlet peraih medali PON XXI Aceh-Sumut

“Harapannya tentu saja akan dapat memberikan sumbangsih nyata dalam menekan berbagai nilai-nilai negatif yang dahulu sedikit demi sedikit dapat dikurangi, sehingga terbentuk nilai-nilai akhlak, budi pekerti, etika, dan norma kemanusiaan yang unggul di Kota Palu,” harapnya.

Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama bergandengan tangan, bahu membahu dalam menjaga kondusivitas pembangunan dan kehidupan keberagamaan di Kota Palu dengan cara saling berlomba menjalankan serta membenahi amal Islamiyah ke dalam kehidupan keseharian kita bersama.

“Dan mari kita isi daerah ini dengan militansi yang tinggi, pembangunan, berinovasi, bekerja keras, Palu Mantap Bergerak, Fastabiqul Khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan),” ungkapnya.

Tidak lupa, Wali Kota melalui Sekretaris Camat mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Yayasan Insan Kamil Indonesia bersama Pengurus Ponpes Modern Nurul Huda atas dilaksanakannya peringatan Isra’ Mi’raj kali ini.

“Kegiatan seperti inilah nantinya punya fungsi dan peran banyak sebagai penguatan ukhuwah Islamiyah (Persaudaraan se-Islam), Ukhuwah Wathaniah (Persaudaraan se-Bangsa, dan ukhuwah Insaniah (persaudaraan kemanusiaan),” jelasnya.

Pos terkait