Tingkatkan Kemandirian, Basarnas Berdayakan Kelompok Masyarakat Dalam Pencairan Dan Pertolongan

  • Whatsapp
Direktorat Bina Potensi Basarnas melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pencarian dan Pertolongan di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Rabu (31/7/2024).(Bulletin/Foto:Ist)

PALU, BULLETIN.ID –  Direktorat Bina Potensi Basarnas melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pencarian dan Pertolongan di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Rabu (31/7/2024). 

Sebanyak 100 peserta terdiri dari warga Kelurahan Petobo mengikuti kegiatan ini selama tiga hari, 29-31 Juli 2024. 

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar SAR kepada anggota masyarakat yang rentan terhadap bencana. Seperti kita ketahui bahwa beberapa waktu silam Kota Palu pernah dilanda bencana gempa bumi, tsunami, dan pergeseran tanah/ likuifasi. 

Kegiatan ini meliputi rapat persamaan persepsi antara Basarnas dengan pemangku kepentingan, pembekalan materi tentang pengetahuan potensi bahaya atau ancaman bencana di lingkungan tempat tinggal, dan pembekalan materi tentang teknik evakuasi mandiri, serta simulasi evakuasi.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat memahami dan mengidentifikasi potensi ancaman dan kerentanan bencana di lingkungan tempat tinggalnya, memahami dasar-dasar keselamatan dan budaya sadar bencana, memahami pengetahuan dan keterampilan dasar penyelamatan diri dan orang lain jika berada dalam kondisi darurat, serta dapat melaksanakan evakuasi mandiri pada saat terjadi kondisi darurat.

Direktur Bina Potensi Basarnas, Agus Haryono, S.S.,M.B.A. mengatakan untuk mengantisipasi kondisi darurat di wilayah rawan bencana, diperlukan upaya pencegahan dan mitigasi SAR untuk mengurangi jumlah korban jiwa. Upaya pencegahan dan mitigasi tersebut dilakukan dengan memberikan edukasi dan pembekalan tentang keselamatan dan keterampilan dasar SAR kepada masyarakat dan sekitarnya.

“Masyarakat dìsiapkan agar mampu menyelamatkan diri sendiri dan menolong orang lain sehingga akan terbangun masyarakat yang siap selamat. Upaya pemberdayaan masyarakat berbasis SAR ini diharapkan dapat mengembangkan kemandirian masyarakat pada saat menghadapi kedaruratan.” Ujarnya.

Berita Pilihan :  Hidayat Ingatkan Bawaslu Jaga Pilkada Palu dari Praktik Curang

Sementara itu, Walikota Palu yang diwakili oleh Sekertaris Kota menyampaikan apresiasinya kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu. 

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Pemberdayaan masyarakat dibidang pencarian dan pertolongan sangat penting mengingat Palu daerah yang rawan bencana. Partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan ini sangatlah krusial guna meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan dalam menghadapi situasi darurat.”

Kagiatan ini juga turut dihadiri oleh Sekda Kota Palu, Kapolres Palu, Dandim 1306 Kota Palu, Kepala Pelaksana Bpbd Kota Palu, Kepala Pemadam Kebakaran Kota Palu, Camat Palu Selatan, Kapolsek Palu Selatan, Danramil 1306-16 Palu Selatan, Lurah Petobo dan Potensi SAR Palu.

Pos terkait