53 Pengurus APSI Kota Palu Dilantik, Berikut Tugasnya

  • Whatsapp
Sebanyak 53 pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia atau biasa dikenal dengan APSI Kota Palu masa bakti tahun 2023-2028 dilantik Kamis (20/7/2023) pagi.

PALU,BULLETIN.ID – Sebanyak 53 pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia atau biasa dikenal dengan APSI Kota Palu masa bakti tahun 2023-2028 dilantik Kamis (20/7/2023) pagi. Keberadaan APSI sendiri memiliki fungsi sebagai pengawas sekolah dalam mengoptimalkan peran dan tugas sekolah dalam menjalankan program dan kinerjanya, terlebih di era merdeka belajar saat ini.

Mengusung tema transformasi peran pengawas sekolah yang adaptif dan inovatif di era merdeka belajar, 53 pengurus baru diantaranya 16 pengawas Taman Kanak-kanak, 21 pengawas SD, 16 pengawas SMP, dan 4 orang pengawas dari Kementerian Agama dilantik langsung oleh Ketua APSI Provinsi Sulawesi Tengah, didampingi dewan pembina Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu dan Kepala Kementerian Agama Kota Palu, serta Wali Kota Palu diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kota Palu sebagai penasehat.

Adapun Pengurus harian APSI Kota Palu masa bakti 2023-2028 terpilih diantaranya Ketua Erlinah, Wakil Ketua Alderis Lumantow, sekretaris Albar Rabak Pabianan, wakil sekretaris Meike Irmawati Tompira, bendahara Mirnawati, dan wakil bendahara Nikmah. Serta anggota lainnya yang terbagi sesuai bidang-bidangnya masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, Hardi, mengisyaratkan, agar kiranya keberadaan APSI di Kota Palu benar-benar dapat menjalankan fungsinya dalam hal pengawasan mutu pendidikan. Mengingat Pemerintah Kota Palu saat ini memiliki misi yang sama dalam hal peningkatan kapasitas tenaga pendidik dan Kepala Sekolah. “Saya mohon tolong di Backup program kita, peningkatan kapasitas guru dan magang kepala sekolah agar bisa berjalan dengan baik,” tegasnya.

Kadisdikbud Kota Palu itu juga menghimbau, untuk para pengurus dapat kompak memikirkan setiap persoalan yang bertujuan demi meningkatkan mutu pendidikan di Kota Palu. “Bagaimana kekompakan kita dalam suatu kepengurusan, mohon selalu di musyawarahkan peningkatan mutu pendidikan,” imbaunya.

Berita Pilihan :  Anwar-Renny Ajak Gen Z Bijak Memilih Pemimpin Masa Depan

Sebagai Ketua APSI Kota Palu terpilih, Erlinah mengaku akan berkomitmen membawa APSI kedepannya lebih hadir membangun masyarakat khususnya di dunia pendidikan yang ada di Kota Palu. “Kita jadi mitra sekolah, sebagai pendamping membenahi permasalahan utamanya pada capaian hasil raport pendidikan, mengidentifikasi dan membenahi atau membantu mencarikan solusi para kepala sekolah di satuan pendidikan ketika terjadi suatu permasalahan,” sebutnya.

Sementara itu, mewakili Sambutan Wali Kota Palu, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kota Palu, Imran Lataha, mengatakan, peningkatan mutu tak hanya menyasar kepada sekolah saja, melainkan sumber daya pengawas pun perlu ditingkatkan. “Demikian pula halnya kepada para pengawas, peningkatan sumber daya pengawas itu perlu dilakukan, melalui pendidikan teknis, ataupun kolaborasi antar wilayah,” sebutnya.

Lanjutnya, kepada pengurus yang baru dilantik, ia menginstruksikan untuk dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya. “Junjung tinggi etika, kejujuran, integritas, dan transparansi dalam setiap menjalankan tugas dan tanggung jawab,” pungkasnya.

Pos terkait