PKPA Sambut Hari Anak Nasional 2023 dengan Semarak Pameran Ketangguhan

  • Whatsapp
Rangkaian perayaan Hari Anak Nasional 2023 diwarnai oleh acara pameran spektakuler yang berlangsung selama dua hari, di taman Gor. (Bulletin/foto:isthie)

PALU,BULLETIN.ID -Hari Anak Nasional 2023 menjadi momen bersejarah yang dirayakan dengan semarak oleh Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) di Sulawesi Tengah. Dalam upaya untuk melindungi dan memberdayakan masyarakat yang terkena dampak dan rentan, PKPA menyelenggarakan program perlindungan dan partisipasi yang luar biasa.

Rangkaian perayaan Hari Anak Nasional 2023 diwarnai oleh acara pameran spektakuler yang berlangsung selama dua hari, tepatnya pada tanggal 22-23 Juli 2023, di Taman GOR Palu. Acara ini diberi nama “Pameran Ketangguhan dan Hari Anak Nasional (HAN) 2023” dengan tema inspiratif “Ekonomi Kuat, Keluarga Tangguh, Anak Indonesia Maju”.

Keumala Dewi, Direktur Eksekutif Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak, mengungkapkan bahwa tema tahun ini menekankan pentingnya ketangguhan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian mereka, yang pada akhirnya akan membentuk keluarga yang tangguh dan mampu menghadapi segala tantangan di masa depan. 

“Mencerminkan semangat dan komitmen PKPA dalam mendorong kemajuan bagi anak-anak Indonesia”Tuturnya 

Dalam acara beragam tersebut, diskusi dengan pemangku kepentingan dan penerima manfaat diadakan untuk mencari solusi terbaik bagi perlindungan anak. Selain itu, kampanye “Stop Kekerasan Terhadap Anak” digelar untuk menegaskan komitmen PKPA dalam memberantas segala bentuk kekerasan terhadap anak-anak yang rentan. 

Tidak hanya itu, acara juga dimeriahkan oleh serangkaian kegiatan lainnya, seperti pameran produk lokal yang mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pagelaran seni untuk menggali bakat dan kreativitas anak, serta foto edukasi yang mengedukasi masyarakat tentang perlindungan anak.

Dengan penuh semangat, Keumala Dewi menjelaskan bahwa tujuan utama acara HAN dan Pameran Ketangguhan ini adalah untuk menjadi wadah kampanye tentang berbagai isu yang dihadapi anak-anak, membangun kreativitas mereka, dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya perlindungan anak di tengah publik. Selain itu, PKPA juga memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan perekonomian keluarga mereka dan memperkuat ketangguhan masyarakat.

Berita Pilihan :  Komisi Informasi Sulteng dan BPJS Cabang Palu Bersinergi Wujudkan Keterbukaan Informasi 

PKPA berharap bahwa hasil dari serangkaian kegiatan ini akan menciptakan kesadaran yang lebih luas tentang pentingnya mencegah kekerasan terhadap anak-anak, serta mewujudkan hak-hak terbaik bagi mereka. Selain itu, kerjasama yang erat antara pemerintah dan pelaku usaha diharapkan akan membangun kelompok usaha yang lebih tangguh, terutama dalam menghadapi situasi bencana.

“Dengan semangat positif dan dedikasi untuk melindungi anak-anak Indonesia, PKPA memastikan bahwa peringatan Hari Anak Nasional 2023 ini akan menjadi tonggak sejarah dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi penerus bangsa”tegasnya

Pos terkait