Pembangunan Wilayah IKN Capai 38 Persen 

  • Whatsapp
Trakindo Customer day. Rabu (08/09/2023). (Bulletin/Foto:Indrawati)

PALU,BULLETIN.ID –  Pembangunan di kawasan wilayah Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) terus berlangsung, dimana progres pembangunan saat ini sudah mencapai 38% dan ditargetkan selesai pada 17 agustus 2024 mendatang. 

PT Trakindo Utama (Trakindo) sebagai penyedia solusi alat berat Caterpillar di Indonesia menyediakan alat terbaik untuk kebutuhan konstruksi IKN. Hal Ini dikatakan General Manager East Indonesia Area Trakindo 

Tema S. Mendrofa dalam kegiatan diskusi bertajuk Trakindo Customer Day 2023, Rabu (09/08/2023). 

“Bukan hanya di IKN saja tapi kita juga ke hulunya disini, untuk material batu pecah maupun material-material lainnya kita siap membantu untuk alat berat termasuk rasernya tadi, dan bukan hanya kebutuhan alat berat yang kita sediakan termasuk dalam hal purna jualnya” Tuturnya. 

Untuk mendukung wilayah pembangunan IKN, PT Trakindo memiliki 60 cabang termasuk di palu yang siap disalurkan. 

Sementara itu Anggoro bagyo mulyo selaku projek IKN  PT Utama Karya Instruktur mengungkapkan bahwa untuk keseluruhan pembangunan wilayah IKN telah terselesaikan 38% yang ditargetkan selesai pada 17 agustus 2024 mendatang. 

“yang terdiri dari infrastruktur dasar  seperti gedung istana presiden, gedung sekretariat kominfo, paket jalan tol, jalan di lingkungan sekitar KIPP” Tutur Anggoro. 

Disisi lain ia menjelaskan bahwa selama ini kendala yang dihadapi dalam pembangunan di wilayah IKN tersebut khusus untuk pembangunan jalan tol adalah mengenai pembebasan lahan. Pembebasan lahan, selain itu ketersediaan material dasar untuk batu beton seperti batu dan  pasir tidak tersedia di kalimantan sehingga membutuhkan material dari palu yang secara deposit spesifikasi yang dibutuhkan telah tersedia.  

Berita Pilihan :  IOH dan Google Cloud Perkuat Kerja Sama Strategis Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Indonesia

“ untuk kebutuhan spesifik jumlah material sampai tahun 2024 nanti proyeksinya untuk seluruh IKN termasuk jalan tol sebesar lima juta delapan ratus kubik,  itu secara deposit Kota Palu  mampu menyediakan karena di Palu  senisir deposit materialnya banyak sekali yang biasa kita ambil di daerah pantoloan kemudian dari palu” Ucap Anggoro bagyo mulyo. (Bulletin/Indrawati) 

Pos terkait