Wali Kota Kukuhkan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan

  • Whatsapp
Wali Kota Palu, H.Hadianto Rasyid, SE secara resmi melantik dan mengukuhkan Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Palu, pada Selasa, 14 November 2023 di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu.(Bulletin/Foto:Humas Pemkot Palu)

PALU,BULLETIN.ID – Wali Kota Palu, H.Hadianto Rasyid, SE secara resmi melantik dan mengukuhkan Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Palu, pada Selasa, 14 November 2023 di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu.

Dalam hal ini, Ketua TP-PKK Kota Palu, Hj. Diah Puspita, S.AP dilantik menjadi Ketua Forikan Kota Palu bersama sejumlah pengurus lain yang beberapa diantaranya merupakan pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Palu.

Dalam sambutannya, Wali Kota Hadianto menyampaikan selamat dan sukses atas dilantiknya Pengurus Forikan Kota Palu.

“Saya mengamanatkan kepada kita semua untuk bisa bekerja dengan sebaik-baiknya. Agar forum ini betul-betul hadir dan menunjukkan kerja-kerja nyata sebagai upaya pemerintah meningkatkan konsumsi ikan di Kota Palu,” kata wali kota.

Menurut wali kota, ikan memiliki protein yang sangat-sangat tinggi, sehingga dengan kandungan gizi itulah, ikan merupakan makanan pilihan utama di Jepang.

Jepang, kata wali kota, merupakan salah satu negara dengan konsumsi ikan terbesar di dunia.

Walaupun penduduknya tidak sebesar Indonesia, tapi untuk konsumsi ikan, perbandingannya sangat besar.

“Makanya Jepang dianggap negara dengan masyarakat yang pintar dan cerdas, dikarenakan mengonsumsi ikan,” ungkap wali kota.

Berkaitan dengan hal itu, lanjut wali kota, pemerintah pusat menyadari bahwa ikan memiliki sesuatu yang bisa meningkatkan kecerdasan, kesehatan, khususnya pada anak-anak.

Apalagi Indonesia adalah negara maritim, olehnya karena kesadaran terkait itulah maka dibentuklah Forikan.

Wali kota berharap, Kota Palu yang memang memiliki wilayah identik dengan laut, maka tingkat konsumsi ikannya juga besar.

Apalagi kalau berbicara terkait penanganan Stunting, maka ikan menjadi pilihan utama.

Berita Pilihan :  Festival Film Pelajar, Sulteng 2024 Ajang Unjuk Kreasi Pelajar di Dunia Perfilman 

“Karena ikan jadi pilihan utama, hal ini bisa menjadi alat untuk membangun kesadaran bagi kita khususnya Pengurus Forikan, untuk mengetahui keberadaan forum ini sangat penting,” lanjut wali kota.

Dengan demikian, kata wali kota, pelantikan Forikan Kota Palu bukan hanya dilantik untuk kepentingan bahwa di Kota Palu sudah ada Forikan sebagaimana diamanatkan pemerintah pusat.

Akan tetapi, di luar dari itu. Para pengurus harus menyadari bahwa keberadaan forum ini sangat penting.

Dan para pengurus harus menunjukkan kerja-kerja yang nyata untuk mendorong masyarakat Kota Palu mengonsumsi ikan.

Wali kota menekankan, Forikan Kota Palu memiliki PR untuk bagaimana mendorong peningkatan konsumsi ikan masyarakat Kota Palu mencapai level nasional, yakni 60 Kg perkapita.

“Target konsumsi ikan kita harus naik. Dari 32,6 Kg perkapita itu bisa mencapai 60 Kg perkapita sesuai standar nasional 2024 nanti,” tekan wali kota.

“Kalau ini bisa ditangkap dengan baik sebagai amanah kita mencerdaskan anak-anak bangsa, maka forum ini harus hadir dengan penuh kesadaran, bahwa forum ini bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban, tetapi forum ini harus berjalan,” tambah wali kota.

.

Pos terkait