UIN Datokarama-Universitas Azlam Kerja Sama Bangun SDM Sulteng

  • Whatsapp

PALU,BULLETIN.ID – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama dengan Universitas Aziz Lamadjido bekerja sama untuk mengoptimalkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) Sulawesi Tengah lewat peran dan fungsi pendidikan yang dimiliki dua perguruan tinggi tersebut.

Rektor UIN Datokarama Profesor Kyai Haji Lukman S Thahir, di Kota Palu, Rabu, mengatakan optimalisasi penyelenggaraan layanan pendidikan kepada masyarakat harus dilakukan, dengan pendekatan pentahelix.

“Oleh karena itu, sinergi multi pihak menjadi hal fundamental, agar kehadiran perguruan tinggi memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat,” kata Lukman S Thahir, di sela-sela pertemuannya dengan Rektor Universitas Azlam.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Profesor Kiai Haji Lukman S Thahir menerima kunjungan silaturahim Rektor Universitas Aziz Lamadjido (Azlam) Doktor Husen Hi Moh Saleh, didampingi Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Abd. Rahman, Ketua Prodi Akuntansi Dini Rosyada dan Kasubag Humas Listianingsim

Sementara Rektor Profesor Lukman didampingi oleh Ketua LP2M Doktor Kiai Haji Sahran Raden dan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Doktor Hamlan. 

Pertemuan itu juga dirangkaikan dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang optimalisasi penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam naskah nota kesepahaman yang ditandatangani dua belah pihak tersebut, mencatumkan ruang lingkup kerja sama meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kemudian, penyelenggaraan pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik dosen maupun mahasiswa, penyelenggaraan kegiatan ilmiah berupa penelitian bersama, seminar, workshop, dan publikasi ilmiah.

Berikutnya mengenai tukar menukar dan pemanfaatan data dan informasi untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemanfaatan sarana dan prasarana masing – masing pihak, serta kegiatan lainnya.

Profesor Lukman mengemukakan bahwa sinergi yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman tersebut, merupakan wujud nyata tekad UIN Datokarama dan Universitas Azlam untuk mengoptimalkan kontribusi terhadap pembangunan daerah di Sulteng.

“Kontribusi ini dilakukan dengan mengoptimalkan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis masyarakat, sehingga masyarakat benar – benar menerima manfaat dari kehadiran perguruan tinggi,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Azlam Doktor Husen Hi Moh Saleh mengapresiasi UIN Datokarama bersedia bekerja sama dengan universitas yang dipimpinnya dalam rangka peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan.

Rektor Doktor Husen mengakui bahwa sinergi multi pihak sesuai konsepsi pentahelix, menjadi kata kunci untuk pengembangan mutu dan pendidikan daerah.

“Dan Universitas Azlam sebagai perguruan tinggi yang sedang berkembang secara kelembagaan, terus membuka diri dan menjajaki kerja sama multi pihak, untuk memaksimalkan peran dan fungsi perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan,” ujarnya.

Pos terkait