LP2M UIN Datokarama Bertekad Optimalkan Pengabdian Masyarakat

  • Whatsapp
LP2M UIN Datokarama Bertekad Optimalkan Pengabdian Masyarakat. (Bulletin/Foto:ist)

PALU,BULLETIN.ID – Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama bertekad mengoptimalkan pengabdian masyarakat, sebagai upaya memaksimalkan kontribusi perguruan tinggi negeri tersebut dalam pembangunan daerah.

Ketua LP2M UIN Datokarama Doktor Kiai Haji Sahran Raden, di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin, mengemukakan optimalisasi pengabdian masyarakat merupakan tindak lanjut dari tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“LP2M adalah jantungnya universitas yang menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat,” kata Sahran.

Kata Sahran, salah satu bentuk pengabdian terhadap masyarakat yang dilaksanakan oleh LP2M ialah pendampingan masyarakat dan desa yang rawan stunting.

UIN Datokarama di tahun 2024 diberikan tanggung jawab oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengentaskan stunting di tiga desa di Kabupaten Sigi.

“Di samping itu, kami juga akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Stunting dan Moderasi Beragama,” ungkapnya.

Selain pengabdian terhadap masyarakat, kata Sahran, LP2M UIN Datokarama juga mendorong dosen di lingkungan perguruan tinggi tersebut agar rutin melaksanakan riset.

“Tugas kami memastikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat terfasilitasi dengan baik yang dilakukan oleh civitas akademika UIN Datokarama Palu,” ujarnya.

Oleh karena itu LP2M membuat konsep dan paradigma pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat yang lebih inovatif  terintegrasi dalam pengembangan keilmuan, dan moderasi beragama serta entrepreneurship.

Untuk menopang hal itu, universitas memberikan dukungan anggaran kepada LP2M senilai Rp3,8 miliar untuk tahun anggaran 2024.

“Anggaran ini harus diikutkan dengan kinerja yang baik, produktif dan inovatif,” sebutnya.

Ia menambahkan visi LPPM sebagai jantung universitas di bidang peneleitian dan pengabdian masyarakat sebagai paradigma dasar kami dalam pengembangan LPPM.

Berita Pilihan :  Festival Film Pelajar, Sulteng 2024 Ajang Unjuk Kreasi Pelajar di Dunia Perfilman 

“Kita ingin menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat bagi para dosen  UIN untuk penulisan artikel yang bisa dipublikasikan di jurnal Scopus dan Sinta 2,” katanya.

Pos terkait