Forkom Sekretaris DPRD se-Sulteng Diharap Memperkuat Komunikasi Dan Responsif

  • Whatsapp
FORKOM Sekretaris DPRD se-Sulteng Diharap Memperkuat Komunikasi Dan Responsif DPRD

PARIGI, BULLETIN.ID – Untuk memperkuat komunikasi dan kerjasama guna menciptakan institusi yang profesional dan responsif dalam mendukung kinerja dewan perwakilan rakyat daerah provinsi Sulawesi Tengah FORKOM Sekretaris DPRD se-Sulteng digelar. Rabu (06/03/2024).

FORKOM Sekretaris DPRD se-Sulteng dibuka langsung oleh sekritaris daerah Novaliani. mengangkat tema “Penguatan Peran dan Fungsi Sekretariat DPRD Dalam Pelaksanaan Kerjasama Daerah dan mekanisme pelaksanaan peses anggota DPRD” pembukaan forkom sukses digelar.

Sekretaris DPRD Sulteng menyampaikan pentingnya kerjasama daerah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang kerjasama daerah.

“kerjasama daerah membutuhkan persetujuan DPRD, baik untuk kerjasama dengan instansi pemerintah daerah maupun luar negeri” kata sekda

Hal ini sejalan dengan amanat UU No.23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang meliputi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertukaran budaya, peningkatan kemampuan teknis dan manajemen pemerintah daerah, serta kerjasama lainnya yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Ia mengungkapkan bahwa sekretariat DPRD juga bertanggung jawab dalam memfasilitasi pelaksanaan kegiatan reses anggota DPRD. Hasil dari kegiatan reses ini menjadi data awal dalam penyusunan pokok-pokok pikiran DPRD yang kemudian direkomendasikan kepada pemerintah daerah.

Pokok-pokok pikiran DPRD ini kemudian diparipurnakan sebelum dimasukkan ke dalam Aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), sebagai dasar penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Novalina berharap acara ini dapat menjadi wadah efektif untuk membahas berbagai isu dan tantangan yang dihadapi oleh sekretariat DPRD, serta mencari solusi terbaik untuk mewujudkan kemajuan yang lebih baik, maju, berkelanjutan, dan inklusif bagi masyarakat Sulteng.(nana)

Pos terkait