Keuntungan Bangun Pagi bagi Kesehatan Remaja

  • Whatsapp
Keuntungan Bangun Pagi bagi Kesehatan Remaja. (foto:pixabay)

BULLETIN.ID – Musim liburan telah tiba, dan saatnya untuk mengambil istirahat sejenak dari rutinitas sekolah. Waktu istirahat ini sebaiknya dimanfaatkan dengan baik agar saat kembali ke sekolah, semangat kita lebih tinggi untuk menghadapi semester baru. Ini akan berdampak pada kemampuan otak dalam menyerap materi pembelajaran dan mencapai prestasi yang lebih baik.

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu senggang ini. Mulai dari rekreasi bersama keluarga di tempat-tempat wisata, mengejar hobi, jalan-jalan bersama teman, dan banyak lagi.

Sayangnya, banyak orang yang malah begadang hingga larut malam. Biasanya karena terlalu asyik bermain game online atau hanya berkumpul dengan teman-teman. Padahal, kebiasaan begadang seperti itu kurang baik bagi kesehatan kita.

Begadang dapat memiliki efek negatif seperti peningkatan berat badan, stres, penurunan konsentrasi, dan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Meskipun liburan sekolah, sebaiknya kita tetap menjaga tidur pada jam yang tepat. Dengan begitu, kita dapat bangun pagi dan menghirup udara segar. Selain itu, kita bisa berolahraga untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar.

Berikut adalah beberapa manfaat bangun pagi bagi kesehatan remaja:

  1. Meningkatkan kedamaian dalam diri

Menurut Healthline, bangun pagi memberi kita lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Hanya dengan menyeruput secangkir teh atau kopi sambil menikmati ketenangan pagi dan melihat matahari terbit perlahan di ufuk timur.

Kita juga bisa berjalan-jalan santai di sekitar rumah sambil menghirup udara segar di pagi hari. Ketenangan ini hanya bisa kita rasakan jika kita bangun lebih awal. Ketenangan tersebut membantu kita mempersiapkan diri untuk menghadapi hari yang sibuk.

Ketika pagi hari begitu tenang, itu memiliki efek positif pada kesehatan otak kita. Ini termasuk peningkatan kadar oksigen di otak, penurunan tekanan darah, pengurangan migrain, dan peningkatan kesehatan mental.

  • Kondisi kesehatan yang lebih baik

Bangun pagi tidak hanya memengaruhi kesehatan otak kita, tetapi juga meningkatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Tidur yang nyenyak dapat merilekskan tubuh dan membantu produksi hormon secara normal. Siklus tidur yang teratur penting untuk fungsi optimal semua organ tubuh.

Berita Pilihan :  Terima Rekomendasi B1KWK dari DPP Partai Nasdem, Ahmad Ali:Hubungan Saya Dengan Partai Masih Solid

Melansir Education World, bangun pagi dapat mencegah beberapa penyakit yang terkait dengan gaya hidup, seperti obesitas, gangguan tiroid, dan sindrom ovarium polikistik yang disebabkan oleh stres, kurangnya olahraga, dan pola makan yang buruk.

  • Tingkat produktivitas yang lebih tinggi berkat energi yang lebih banyak

Mereka yang bangun pagi akan memiliki lebih banyak energi. Hal ini karena tidur yang cukup dan berkualitas. Tidur yang nyenyak dan baik memberikan perasaan segar saat bangun tidur. Akibatnya, kita dapat melakukan pekerjaan dengan lebih efektif.

Kita juga lebih siap untuk menghadapi masalah yang muncul. Orang yang bangun pagi juga dianggap sebagai individu yang disiplin karena memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Kondisi ini terkait dengan peningkatan fungsi tubuh, seperti pasokan darah ke otot, perbaikan jaringan, perbaikan tulang, penurunan tekanan darah, dan relaksasi tubuh.

  • Meningkatkan fungsi otak

Menurut Education World, orang-orang yang bangun pagi memiliki fungsi otak yang lebih baik daripada mereka yang bangun siang. Fungsi otak yang dimaksud meliputi kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah.

Selain itu, mereka yang bangun pagi cenderung lebih humoris karena energi positif yang mereka dapatkan saat bangun di pagi hari.

Tidur dan bangun lebih awal dapat meningkatkan konsentrasi, yang berarti kita menjadi lebih produktif dalam menjalani masa liburan. Bagi pekerja, bangun pagi dapat meningkatkan kinerja di tempat kerja.

  • Mencegah munculnya mata panda

Mata panda adalah gejala yang muncul ketika seseorang kurang tidur. Meskipun bukan masalah kesehatan yang serius, dark circle di sekitar mata dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Hal ini tidak akan terjadi jika kita tidur dan bangun lebih awal. Dengan tidur yang cukup, kita tidak akan mengalami penumpukan cairan pada kantung mata. ( bulletin/wawa)

Pos terkait