Komisi C DPRD Tinjau Kubangan Air di PT CPM, Usulkan  Pemanfaatan Sumber Air Luapan Lubang Pertambangan

  • Whatsapp
Komisi C DPRD Kota Palu Tinjau Kubangan Air di PT CPM. (Bulletin/foto: Resti ananda putri )

PALU,BILLETIN.ID – Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu mengajukan usulan kepada PT Citra Palu Minerals (CPM) untuk memanfaatkan luapan air di lubang pertambangan mereka sebagai pasokan air bagi warga. Usulan ini muncul setelah anggota Komisi C DPRD Kota Palu melakukan kunjungan langsung ke lokasi luapan air di lubang milik PT CPM pada Jumat (11/8/2023).

Ketua Komisi C, Ahmad Mayer, mengungkapkan bahwa hasil peninjauan menunjukkan bahwa luapan air tersebut tidak berbahaya seperti berita dan isu yang beredar. Air ini telah diuji melalui laboratorium dan dinyatakan aman untuk digunakan. PT CPM juga mengkonfirmasi bahwa luapan air ini berasal dari empat mata air di lokasi yang telah diatur.

“Kami telah melihat sendiri, dan hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa airnya aman dan PT CPM juga menggunakan luapan air ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih,” kata Mayer.

Selama kunjungan tersebut, anggota Komisi C didampingi oleh Manager Government Relation and Permit PT CPM, Amran Amier. Mayer juga menyampaikan usulan dari salah satu anggota komisi, Muslimun, yang berpendapat bahwa luapan air dari empat mata air ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di Hunian Tetap (Huntap) Tondo dan Talise Valangguni di masa mendatang.

“Kami ingin mengetahui berapa volume air yang dapat dihasilkan setiap harinya. Jika memungkinkan, mengapa tidak PT CPM memanfaatkannya melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga,” papar Mayer.

Menanggapi usulan tersebut, Amran menjelaskan bahwa pihaknya akan mempertimbangkan usulan tersebut untuk masa depan. Jika volume air yang dihasilkan dapat mencukupi kebutuhan air bersih warga, PT CPM akan berusaha untuk merealisasikan usulan tersebut.

Berita Pilihan :  Wali Kota Tekankan Jam Pengangkutan Sampah Dimulai Pukul 15.00 - 18.00 Wita 

Berdasarkan data uji baku mutu lingkungan yang dilakukan oleh PT CPM pada tanggal 31 Juli, pH (tingkat keasaman air) berada dalam kisaran 6-9. Sementara itu, Total Suspended Solid (TSS) atau partikel padat tersuspensi dalam air berada pada angka sekitar 200 mg/Liter. Dengan data ini, usulan pemanfaatan luapan air tersebut semakin diperkuat.***

Pos terkait