Gubernur Rusdy Mastura Buka Muktamar Xl,  Minta Alkhairaat Diberikan Penghormatan Tertinggi

  • Whatsapp
Pembukaan muktamar ke-Xl Alkhairaat Rabu (27/09/2023). (Bulletin/Foto:Indrawati)

SIGI,BULLETIN.ID – Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, mengeluarkan seruan tegas kepada masyarakat untuk menghargai dan mengenang sejarah serta kontribusi luar biasa yang telah diberikan oleh Alkhairaat dalam perjuangan Islam di wilayah Sulawesi Tengah. Pernyataan ini disampaikan saat membuka Muktamar Besar XI Alkhairaat, sebuah organisasi yang selama ini telah menjadi tonggak utama dalam penyebaran ajaran Islam di Sulawesi Tengah dan seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Gubernur Rusdy Mastura menyoroti perjalanan panjang perjuangan Alkhairaat dan dukungan yang tak henti-hentinya diberikan oleh para guru yang telah memberikan dampak positif yang dirasakan oleh umat Islam di Sulawesi Tengah dan seluruh Indonesia.ia menegaskan bahwa peran besar yang telah dimainkan oleh Alkhairaat dalam sejarah Islam di wilayah tersebut tidak boleh diabaikan.

“Saya ingin menekankan, jangan pernah meremehkan Alkhairaat. Sekali lagi, jangan pernah meremehkan Alkhairaat. Karena Alkhairaat yang kita cintai adalah sesuatu yang sangat besar, dengan sejarah yang besar, dan kontribusi yang besar bagi umat Islam di Indonesia, khususnya di Sulawesi Tengah,” kata Gubernur Rusdy Mastura dengan semangat yang tinggi.

Untuk itu ia menekankan bahwa Alkhairaat harus diberikan penghormatan tertinggi dan tidak boleh diremehkan atau diperdebatkan. “Kita tidak ingin warisan besar yang telah ditinggalkan oleh Alkhairaat dan guru-guru kita menjadi terlupakan,” tambahnya.

Gubernur Rusdy Mastura juga mengajak semua pihak untuk menjaga persatuan dan menghindari konflik yang tidak perlu. Ia menyatakan bahwa semangat Islam yang telah tersebar melalui Alkhairaat harus menjadi inspirasi bagi semua individu, tanpa memandang latar belakang atau perbedaan.

Menurutnya pula Alkhairaat harus terus mengembangkan lembaga pendidikan yang menjadi sumber ilmu pengetahuan dan iman serta pengembangan ilmu pengetahuan harus terus menjadi fokus, terutama dalam era digitalisasi yang semakin berkembang dan juga Alkhairaat harus terus menjadi teladan dalam mendukung nilai-nilai keislaman, toleransi, dan keberagaman.

Berita Pilihan :  PT Vale Ajak Masyarakat Tanam Pohon dan Jaga Lingkungan Tetap Bersih

“Alkhairaat terus menjadi pusat penyebaran ajaran Islam yang berpengaruh dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi umat Islam di masa depan” Ucap Gubernur

Muktamar Alkhairaat kali ini mengangkat tema mewujudkan ekosistem pendidikan yang berjiwa kebangsaat. Hal ini sejalan dengan tujuan  alkhairaat yakni mengembangkan pendidikan agama dakwah islamiyah dan sosial budaya. 

Pos terkait