Menteri AHY Serahkan 655 Sertifikat Bagi Warga di Huntap Petobo 

  • Whatsapp
Menteri ATR/BPN ,Agus Harimurti Yudhoyono melakukan penyerahan 655 sertifikat tanah hasil dari program Konsolidasi Tanah Kementerian ATR/BPN.Minggu (28/04/2024).(Bulletin/Foto:Indrawati)

Palu, BULLETIN.ID – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN),Agus Harimurti Yudhoyono menyerahkan 655 sertifikat tanah hasil dari program Konsolidasi Tanah Kementerian ATR/BPN. Minggu (28/04/2024). 

“Pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah hadir untuk meyakinkan masyarakat petobo ini yang terdampak bencana bisa segera mendapatkan tempat yang jauh lebih layak” Kata agus Harimurti Yudhoyono Menteri ATR/BPN RI. 

AHY menyebutkan bahwa atas kerjasama semua pihak sehingga di tahun 2022 hingga 2023 telah dilakukan konsolidasi tanah

Dalam sambutannya AHY menyebutkan bahwa terdapat  tiga hal menarik dari pelaksanaan Konsolidasi Tanah yang dilakukan di kawasan Huntap Kelurahan Petobo. 

Ketiga hal yang dimaksud, yaitu penyelesaian sengketa dan konflik di kawasan tersebut, mengedepankan partisipasi aktif dari masyarakat, serta penyediaan tanah untuk kepentingan umum yang dimanfaatkan untuk pembangunan Huntap.

“Kegiatan Konsolidasi Tanah kali ini menjadi jalan penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan di Kelurahan Petobo”. Titr AHY

Tanah seluas 74 hektar ini diselesaikan melalui Konsolidasi Tanah dengan menyediakan 26 hektar yang diperuntukkan bagi Tanah Pembangunan (TP) yang penggunaannya untuk Huntap warga terdampak bencana.

Mekanisme yang berbeda selanjutnya adalah kegiatan Konsolidasi Tanah di Kelurahan Petobo berhasil dilakukan dengan partisipasi aktif dari masyarakat. 

Dengan demikian maka dapat mewujudkan penataan kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah di Kelurahan Petobo. Dimana, para peserta Konsolidasi Tanah Yang sebelumnya mengalami konflik pertanahan, bersedia menyediakan tanah untuk pembangunan (TP) yang akan digunakan sebagai Huntap warga terdampak bencana.

AHY juga menyerahkan Sertifikat  secara door to door ke beberapa rumah warga. Seraya menyerahkan sertifikat, Menteri AHY meninjau ke sejumlah Huntap yang ditempati warga terdampak bencana tersebut. 

Berita Pilihan :  35 Anggota DPRD Palu Terpilih Ditetapkan, Tanpa LHKPN Tidak Akan Dilantik

Selain itu, ia juga menandatangani prasasti yang menandai suksesnya kegiatan penyediaan lahan melalui Konsolidasi Tanah bagi warga terdampak bencana Palu. Selanjutnya, ia menyerahkan 10 sertifikat kepada warga setempat sekaligus berdialog warga yang hadir.(ind)

Pos terkait