Revolusi Pendidikan di Palu, Hidayat Janjikan Sekolah Tanpa Biaya 

  • Whatsapp
Bakal calon wali kota dan wakil wali kota Palu, Hidayat (tengah) dan Andi Nur B Lamakarate (kiri) didampingi Ketua DPRD Palu, Armin Saputra (kanan). Foto: TIM MEDIA HANDAL

PALU, BULLETIN.ID – Bakal calon Wali Kota Palu periode 2024-2029, Hidayat mengungkapkan visi ambisius untuk sektor pendidikan yang berpotensi mengubah lanskap pendidikan di Kota  itu secara radikal.

Bersama dengan calon wakilnya, Andi Nur B Lamakarate, Hidayat berjanji untuk menggratiskan seluruh biaya pendidikan dari jenjang PAUD hingga SMP jika terpilih memimpin Palu lima tahun ke depan.

Hidayat, yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Palu periode 2015-2020 menyatakan, bahwa kebijakan ini dilatarbelakangi oleh keprihatinannya terhadap tingginya angka putus sekolah di kota tersebut. 

“Banyak anak-anak terpaksa harus putus sekolah karena tidak mampu membayar biaya pendidikan yang mahal,” ujarnya dalam sebuah pertemuan di Palu, Minggu (25/8/2024).

Menurut data Dinas Pendidikan Palu tahun 2023, angka putus sekolah di kota itu mencapai 15% dari total populasi usia sekolah, jauh di atas rata-rata nasional yang hanya 7%. Angka ini dianggap sebagai salah satu tantangan terbesar dalam pembangunan sumber daya manusia di Palu.

Hidayat menjabarkan, rencananya untuk menghapuskan pelbagai pungutan yang selama ini memberatkan warga. 

“Sekolah saat ini memberatkan warga. Ada uang bangku, uang pembangunan, uang iuran bulanan, dan biaya-biaya lain. Nah, itu semua akan kami hapuskan,” tegasnya. 

Ia berargumen, bahwa dengan menghilangkan beban finansial, minat bersekolah anak di semua jenjang akan meningkat signifikan.

Program pendidikan tanpa biaya ini rencananya akan mencakup seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah, mulai dari PAUD, TK, SD, hingga SMP yang masuk dalam tanggung jawab Pemerintah Palu.

Hidayat menekankan, setiap warga Palu berhak mendapatkan pendidikan terbaik tanpa terkendala masalah biaya.

Berita Pilihan :  Rencana Pasangan Handal Maksimalkan Tambang Poboya

“Kami mau generasi penerus di Palu berpendidikan baik, oleh karena itu pemerintah wajib mengfasilitasi,” tandasnya. 

Pasangan dengan tagline HANDAL ini telah mantap mengikuti Pilkada Palu 2024. Mereka diusung partai-partai besar seperti Gerindra, PDIP, Demokrat, PAN, dan sejumlah partai lainnya. 

Dengan dukungan yang kuat dari masyarakat Palu, keduanya bersiap melakukan pendaftaran di KPUD 27 Agustus mendatang. ***

Pos terkait