Tahapan Pilkada 2024, Polda Sulteng Siapkan 391 Personil Pengamanan 

  • Whatsapp
Rapat koordinasi kesiapan pengamanan Pendaftaran bakal Calon Gubernur dan wakil Gubernur Sulteng. Minggu (25/08/2024). (Bulletin/Foto:Ist)

PALU, BULLETIN.ID – Tahap Pendaftaran Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam Pilkada 2024 yang akan berlangsung 27-29 Agustus 2024 menjadi perhatian dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) di KPU Sulteng Jalan S. Parman Palu, Minggu (25/8/2024)

Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Kombes Pol. Giuseppe Reinhard Gultom turut hadir mewakili Kapolda Sulteng dalam pelaksanaan rakor bersama para Kasatgas Operasi Mantap Praja Tinombala 2024.

Ketua KPU Sulteng Resvirenol, dalam sambutannya sekaligus membuka rapat koordinasi, menekankan pentingnya kerja sama yang solid antara KPU dan aparat keamanan. 

“Kami berharap seluruh tahapan Pilkada dapat berlangsung dengan aman dan demokratis. Dukungan dari pihak keamanan sangat penting untuk menjaga integritas dan kredibilitas proses pemilihan,” kata Ketua KPU.

Kami juga berharap, pelaksanaan Pilkada 2024 dapat terlaksana Bahagia, ujarnya

Karo Ops Polda Sulteng dihadapan peserta Rakor mengatakan, Bahwa Polda Sulteng dan Polres Jajaran dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2024 akan mengamankan 1 Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur, 12 Pilkada Bupati/Wakil Bupati dan 1 Pemilihan Walikota/Wakil Wali Kota.

“Untuk pengamanan Pilkada serentak 2024 di wilayah Sulteng, Polda Sulteng telah menggelar Operasi Mandiri Kewilayahan dengan sandi Operasi Mantap Praja Tinombala 2024 yang mulai dilaksanakan 24 Agustus 2024” ujarnya.

“Prediksi potensi ancaman gangguan kamtibmas setiap tahapan Pilkada, menjadi pertimbangan Polda untuk menentukan jumlah kekuatan pengamanan, ” jelas Guiseppe Reinhard Gultom.

Dalam tahap pendaftaran dan penetapan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur di KPU, Polda menyiagakan 391 personilnya, tandas Karo Ops.

Lanjut ia juga menambahkan, jumlah kekuatan yang dipersiapkan dalam pengamanan Pilkada serentak 2024 sebanyak 9.449 personil Polri,  prajurit TNI 525, dan Linmas 13.642.

Berita Pilihan :  30 Personil Polda Sulteng Bakal Kawal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Setelah Penetapan KPU

“Kepolisian juga memberikan pelayanan pengamanan Ketua dan Komisioner KPU, Bawaslu, Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur, pengamanan posko-posko pemenangan,” bebernya

Karo Ops Polda Sulteng juga menegaskan, Komunikasi dan koordinasi juga terus dilakukan dengan pihak terkait, utamanya tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, agar proses pendaftaran dapat berlangsung aman, tertib dan lancar.

Saat dimulainya pendaftaran paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng di KPU tanggal 27-29 Agustus, nantinya akses jalan di depan KPU atau Jalan S. Parman Palu untuk sementara akan dilakukan penutupan, pungkasnya.

Pelaksanaan Rakor pengamanan tahap pendaftaran turut dihadiri Bawaslu Sulteng, Binda Sulteng, Korem 132/Tadulako, Kesbangpol Sulteng, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

Pos terkait