KPU Kota Palu Temukan Sejumlah Surat Suara Yang Rusak

  • Whatsapp
proses pelipatan surat susra. (Bulletin / foto : capture)

PALU,BULLETIN.ID – Komisi pemilihan umum (KPU) kota Palu menemukan sejumlah surat suara yang rusak pada pelipatan dan penyortiran surat suara.

Anggota KPU kota palu Iskandar Lembah menyatakan bahwa awalnya surat suara yang datang cukup namun setelah melakukan sortir ditemukan ada beberapa surat suara yang rusak.

Surat suara yang dikategorikan rusak temasuk yang sobek dan juga terkena percikan tinta.

“jumlah surat suara yang rusak itu per item dari lima jenis surat suara yaitu Presiden dan wakil presiden sebanyak 353 lembar surat suara, DPD RI sebanyak 121 lembar surat suara, DPR RI 1221 lembar, dan DPRD PROV sebanyak 853 lembar surat suara” ungkap Iskandar saat ditemui

Sementara itu untuk surat suara DPRD Kota ia menargetkan penyortiran dan pelipatan surat suara  akan selesai minggu ini.

“Selanjutnya tinggal formulir form salinan yang belum datang on proses, terkait kelengkapan tps lainnya sudah terpenuhi” tuturnya. Selasa (9/01/2024).

Ia memastikan sehari sebelum vooting day semua kelengkapan TPS sudah berada di TPS dengan jumlah TPS yang tersebar di Kota Palu sebanyak 1072 TPS.

Terkait suara yang rusak pihak KPU Kotas Palu saat  ini  sudah  melakukan klaim terhadap penyedia, agar secepatnya dilakukan pergantiannya.

”Kalau kita lihat memang mungkin dari pengiriman, mekanisme kita sangat kita buatkan tatib terkait dengan pelipatan itu salah satunya tidak boleh ada kuku panjang, kemudian menggunakan cincin, untuk mengantisipasi menimbulkan surat suara rusak” pungkas Iskandar.

Berita Pilihan :  Resmi Terbentuk, Relawan To Kaili Dukung Pasangan AA - AKA di Pilgub Sulteng 2024

Pos terkait