Ratusan Warga Korban Banjir Desa Pakuli Ikuti Tes Kesehatan 

  • Whatsapp
Korban Banjir desa Pakuli (bulletin/ Foto:Hadi)

Bulletin.id, Sigi – Sebanyak 200 orang korban bencana banjir di Desa Pakuli kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi melakukan cek kesehatan,terdiri dari 85 laki-laki dan 115 perempuan. Sementara untuk pemeriksaan cek darah sebanyak 80 orang. 

Pemeriksaan dilakukan oleh rumah sehat BAZNAS Sitti Masyita Palu pada juma’at (28/10/22)

Hadirnya RSB tersebut, merupakan tanggung jawab sosial bagi BAZNAS untuk membantu korban banjir di Desa Pakuli Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi

“Alhamdulillah RSB bisa hadir dan turut membantu warga yang korban banji banjir di Desa Pakuli, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan”kata Jana salah seorang perawat RSB Siti Masyita.

Dalam penanganan yang dilakukan kata dia, pasien banyak yang mengalami sakit batuk, pilek, alergi serta tekanan darah dan kolesterol. 

Sementara untuk bayi dan anak – anak mengalami sakit batuk, pilek dan demam. Selain itu kata Jana, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan gizi, karena hal tersebut sangat penting dilakukan pasca bencana.

“Sakit yang diderita pasien ini biasa terjadi dalam kondisi pasca bencana terjadi, hal ini diakibatkan kondisi yang ada dan juga trauma yang mengakibatkan tekanan naik” ujarnya.

Diketahui, banjir yang melanda Desa Pakuli Utara pekan lalu diakibatkan, jebolnya tanggul sungai gumbasa, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), juga menurunkan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), yang sejak hari pertama hadir dan turun langsung membantu warga yang terdampak musibah.(Bulletin-Wawa) 

Berita Pilihan :  Sekkot Buka Diklat Bermuatan Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan Berbasis Kearifan Lokal  

Pos terkait