Makanan Yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan 

  • Whatsapp
Kaledo (makanan khas kabupaten donggala sulteng)

Bulletin.id, Makanan berkuah memang paling enak dinikmati saat musim hujan, pasalnya makanan berkuah dianggap sebagai makanan penghangat tubuh.

Makanan berkuah ini dianggap dapat menghangatkan tubuh karena kandungan yang ada di dalamnya.

Selain itu, beberapa makanan dan minuman ini baik dikonsumsi karena mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti aneka sayuran, telur, ayam ataupun daging.

Apa saja makanan dan minuman yang cocok dinikmati saat musim hujan? Simak daftar berikut.

1. Mie rebus

Makanan satu ini pasti selalu dicari saat musim penghujan. Makanan penunda lapar ini tersedia dengan berbagai macam pilihan rasa, kamu bisa pilih sesuai selera.

2. Bakso

Bakso juga menjadi salah satu makanan yang dapat menghangatkan tubuh saat udara dingin. Cocok dikonsumsi saat musim hujan dengan isian pangsit, sayur, pentol, mie, tahu, dan kuah yang gurih dan nikmat

3. Bubur ayam

Makanan ini memiliki pecintanya sendiri. Diisi dengan taburan cakwe, ayam suwir, kerupuk dan kacang, bubur cocok juga dinikmati saat kamu kelaparan di musim hujan.

4. Aneka gorengan

Jajanan ini selalu ada dimana-mana. Kamu pun bisa membuatnya di rumah dengan cara yang mudah dan lebih sehat. Mulai dari risol, tempe goreng, ubi, cireng, dan lain sebagainya yang cocok jadi camilan di musim hujan.

5. Kaledo 

Bagi penduduk sulawesi tengah ataupun yang sering berkunjung di tempat ini pastinya sudah mengenal makanan khas kota palu ini. Kaledo atau kaki lembu donggala adalah makanan khas kota palu yang sangat digemari. 

Makanan ini mirip dengan sup buntut, bedanya tulangnya dari kaki lembu dan disajikan bukan dengan nasi melainkan dengan ubi ataupun jagung rebus. 

Berita Pilihan :  Sekkot Buka Diklat Bermuatan Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan Berbasis Kearifan Lokal  

5 Kapurung atau Dui 

Kapurung adalah salah satu makanan khas tradisional di Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat daerah Luwu Raya juga di Tawau, Sabah, Malaysia yang dihuni masyarakat mayoritas Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran. 

Di kota palu makanan ini mudah didapat, namun untuk penyajiannya sendiri berbeda beda, tergantung selera masing masing yang pasti bahan dasar dan rasa tetap sama yaitu ikan,sagu, dan sayuran, makanan ini cocok dinikmati saat musim hujan.

6 Soto ayam 

Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu. Soto ayam banyak ditemukan di daerah-daerah di Indonesia dan Singapura. 

Makanan ini juga mudah didapatkan di kota palu. Jika mengkonsumsi soto ayam lebih nikmat saat musim hujan. Kuahnya yang nikmat dan segar dijamin akan membuat selera makan anda lebih tinggi.

7 Binte 

Binte biluhuta atau dikenal pula dengan nama milu siram yang secara harfiah bermakna jagung yang disiram merupakan makanan khas masyarakat Gorontalo, Sulawesi, Indonesia.

Meski makanan ini berasal dari gorontalo tapi di kota palu banyak ditemui di warung warung makan. Berbahan dasar jagung dan ikan makan ini cocok disantap saat hujan. 

Dari kesemua makanan diatas yang manakah diatas manakah yang menjadi favorit anda? (Bulletin/Wawa) 

Pos terkait