Taipa Fest Perdana Digelar, Membangun Anime generasi Muda Mengenal Nilai Tradisi

  • Whatsapp
Taipa Fest Perdana Digelar, Membangun Anime generasi Muda Mengenal Nilai Tradisi. (Bulletin/foto: Dok humas pemkot palu)

Bulletin.id,Taipa Festival 2023 digelar untuk membangun anime generasi muda dalam menggali dan memahami nilai-nilai tradisi, yang sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas, serta membangkitkan gerakan ekonomi kerakyatan melalui kreativitas dalam menciptakan produk-produk ekonomi kreatif. 

Hal ini disampaikan oleh sekretaris kota palu Irmayanti membuka TAIPA FEST yang  Perdana dilaksanakan di Kel Taipa. Sabtu 13 januari 2023. 

Kota Palu memiliki potensi dan sumber daya alam yang mumpuni,  keragaman potensi tersebut harus dimaksimalkan  agar menjadi kota yang Tidak lupa akan akar budaya daerahnya. 

“marilah kita selalu memelihara dan menjaga keberagaman budaya sebagai modal untuk membangun generasi muda yang berkualitas dan kompetitif” Kata Irmayanti 

Taipa Festival juga dimeriahkan oleh Hadirnya Para pelaku Usaha Mikro, (UMKM) tyang turut Meramaikan Kegiatan Taipa Fest dengan beragam Makanan dan minuman Khas Daerah khususnya Makanan Kaili.

Tahun 2023 Pemerintah Kota Palu melalui dinas pariwisata kota Palu akan mengkoordinasikan festival-festival yang dilakukan oleh masing-masing Kelurahan, agar dapat di sinkronkan dengan kalender event tahunan kota. 

Palu sehingga kedepan diharapkan festival  di masing-masing Kelurahan bisa serentak dilaksanakan dalam satu waktu yang ditentukan, dengan begitu diharapkan Festival Festival tersebut dapat membangun promosi wisata atau budaya yang ada di Sulawesi Tengah khususnya di kota Palu.

Selain kelurahan Taipa, beberapa kelurahan lain juga telah mengadakan Festival budaya dan telah agenda tetap pemerintah, dalam meningkatkan nilai budaya serta membangkitkan ekonomi kreatif. 

“Pemerintah kota Palu juga telah merencanakan pelaksanaan dua event besar sebagai rangkaian pelaksanaan hari ulang tahun kota Palu. Event tersebut yaitu event komunitas kreatif kota Palu dan palu sport event, Kedua even tersebut diharapkan menjadi hiburan bagi para wisatawan” Tutur Irmayanti. 

Berita Pilihan :  Komisi Informasi Sulteng dan BPJS Cabang Palu Bersinergi Wujudkan Keterbukaan Informasi 

Irmayanti berharap agar pelaksanaan Taipa Festival tidak hanya sebagai kegiatan seremonial belakang melakukan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan dievaluasi khususnya dalam hal sasaran dan manfaat yang telah dicapai.  Dengan begitu pengembangan kreativitas Masyarakat khususnya anak-anak muda dapat terus berkelanjutan. 

Festival Taipa juga akan menjadi agenda tahunan kelurahan Taipa dan pemerintah kota palu. 

Turut Hadir  Dalam kegiatan tersebut Asisten  3  Provinsi Sulawesi tengah , Anggota DPRD Provinsi sulawesi  tengah, Lurah Taipa Tokoh Adat ,Tokoh Masyarakat tokoh Pemuda Taipa. (Bulletin/Jufri) 

Pos terkait