7 Layanan Prioritas Pertanahan Berbasis Digital Yang Mudahkan Masyarakat

  • Whatsapp
confrensi pers dengan tema kontribusi pelayan pertanahan dalam ranngka mendukung peningkatan ekonomi dan kemudahan berusaha di kota palu. Kamis (23/11/2023). (Bulletin/Foto ; Indrawati)

PALU,BULLETIN.ID – Kantor Pertanahan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Palu kini memiliki 7 layanan prioritas untuk memudahkan akses pelayanan bagi Masyarakat, ini juga merupakan salah satu target strategis dalam mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kepala kantor Pertanahan Kota Palu, Jusuf Ano menjelaskan bahwa pelayanan berbasis online tersebut untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan kepengurusan surat ataupun sertifikat tanpa harus secara fisik datang ke pelayanan Kantor ATR/BPN kota palu.

Hal itu menjadi solusi sebagai pelayanan tepat guna yang dapat mempercepat proses pelayanan di Kantor ATR/BPN.

“Ditahun 2023 ini bayak program pertanahan yang lebih cepat,lebih mudah” kata kepala kantor Pertanahan Kota Palu, Jusuf Ano dihadapan awak media saat menggelar confrensi pers dengan tema kontribusi pelayan pertanahan dalam ranngka mendukung peningkatan ekonomi dan kemudahan berusaha di kota palu. Kamis (23/11/2023).

Adapun 7 Layanan Prioritas tersebut yakni terdiri dari Pengecekan Sertifikat, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), Hak Tanggungan Elektronik, Roya Manual dan Roya Elektronik, Peralihan, Pendaftaran SK, serta Perubahan Hak Guna Bangunan/Hak Pengelolaan (HGB/HPL) menjadi Hak Milik (HM) untuk rumah tinggal, rumah toko, dan rumah kantor.

“Tidak perlu membayar langsung di Kantor Pertanahan, karena saat ini tidak ada lagi bendahara penerima di Kantor Pertanahan. Dia langsung ke bendahara penerima di kementerian melalui sistem. Begitu juga ke bank tempat peminjaman uang, sudah tersampaikan langsung secara elektronik. Jadi semua bank dan PPAT di seluruh Indonesia sudah memakai Aplikasi Mitra,” katanya.

Dengan adanya layanan tersebut, kata dia, maka saat ini layanan untuk hak tanggungan yang masuk dari tanggal 1 November sampai 23 November, bisa diselesaikan sebanyak 160 bidang.

Berita Pilihan :  Wali Kota Palu Bertemu Warga Petani Garam Talise, Bahas Penataan dan Dukungan UMKM

“Diselesaikan satu hari 116 bidang, hari kedua 35 bidang, dan hari ketiga 35 bidang sehingga kinerjanya itu 100 persen dan akselerasinya adalah 94 persen,” Pungkasnya. (Bulletin/Indrawati)

Pos terkait