Kelompok Sahabat Hijrah Ampibabo Berkomitmen Berbagi dan Mencegah Radikalisme

  • Whatsapp
Muh. Rizal Larate.

PARIGI, – Organisasi Kelompok Sahabat Hijrah Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong, merupakan komunitas yang berdiri atas inisiatif bersama jamaah Ormas Wahdah Islamiyah (WI) Ampibabo. Organisasi ini bertujuan untuk berdakwah dan mengajak masyarakat, khususnya para pemuda, di wilayah Kecamatan Ampibabo untuk mengenal dan mempelajari agama Islam secara benar, terstruktur, dan berkesinambungan melalui metode tarbiyah dan taklim.

Bergerak di bidang sosial dengan program “Hijrah Peduli Berbagi,” organisasi ini memiliki beberapa kegiatan utama, seperti:

Sahabat Berbagi: Melakukan pembagian makanan gratis, sedekah Jumat, dan sembako gratis kepada masyarakat miskin.

Sahabat Peduli: Memberikan bantuan untuk mendirikan dan merehabilitasi rumah yang tidak layak huni bagi masyarakat miskin.

Dakwah Pedalaman: Bersama Wahdah Islamiyah, komunitas ini melakukan dakwah ke wilayah pedalaman di Kecamatan Tinombo.

Pembinaan Sahabat Hijrah: Melalui metode tarbiyah, taklim, dan dirosah, mereka membina masyarakat dan pemuda untuk memperdalam ilmu agama.

Ketua Kelompok Sahabat Hijrah Ampibabo, Muh. Rizal Larate, menjelaskan bahwa kegiatan sosial ini berjalan berkat bantuan dana dari berbagai donatur dan sponsor, termasuk Hotel Zein Ampibabo, Toko Salsa Ampibabo, Abmar TV, Lazis Wahdah Parigi, serta infaq dan sodaqoh dari masyarakat dan jamaah Masjid Al-Qubaisi Ampibabo.

“Saat ini, Organisasi Kelompok Sahabat Hijrah Ampibabo belum memiliki AD/ART maupun struktur organisasi yang terdaftar resmi di Kesbangpol Kabupaten Parigi Moutong. Namun, kami berencana mendaftarkan komunitas ini dalam waktu dekat agar resmi terdaftar sebagai ormas di pemerintahan,” ujar Muh. Rizal Larate.

Dalam kegiatan sosial seperti bantuan rehab rumah dan pemberian bantuan kepada masyarakat miskin, pihaknya selalu bersinergi dengan Pemerintah Desa dan Kecamatan serta Kepolisian Sektor Ampibabo untuk bersama-sama membantu masyarakat miskin, khususnya di wilayah Kecamatan Ampibabo.

Berita Pilihan :  Ahmad Ali Diberi Caping dan Dayung oleh Masyarakat Poso Pesisir: Bentuk Dukungan dan Harapan

Selain itu, organisasi ini juga menentang adanya pemahaman radikal dan siap bersinergi dengan pihak kepolisian untuk memberantas paham radikal. Kelompok Sahabat Hijrah juga mendukung pelaksanaan Operasi Madago Raya dengan cara mencegah penyebaran paham radikal yang mengarah pada aksi terorisme.

“Pemuda Hijrah Ampibabo mendukung penuh Operasi Madago Raya dan berkomitmen untuk mencegah penyebaran paham radikal yang bisa mengarah pada aksi terorisme. Kami juga akan mendukung aparat keamanan dalam menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif, sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan lancar,” tambah Rizal Larate.

Dengan berbagai program sosial dan dukungan terhadap keamanan, Organisasi Kelompok Sahabat Hijrah Ampibabo terus berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat dan menciptakan lingkungan yang lebih baik di Kecamatan Ampibabo dan sekitarnya.

Pos terkait