Dompet Peduli Amanatul Ummah Dukung Ops Madago Raya Cegah Penyebaran Paham Radikal 

  • Whatsapp

TOUNA, BULLETIN.ID – Dompet Peduli Amanatul Ummah Kabupaten Touna, bernaung dibawah Yayasan Wakaf Amanatul Ummah (YWAU) Poso, yang didirikan dan berkantor pusat di Poso sejak Tahun 2001 dengan nama Yayasan Badan Wakaf Ulil Albab mendukung operasi madago raya untuk mencegah penyebaran radikal di wilayah kabupaten Tojo Una-una. 

Tak hanya diliyah Poso YWAU juga kini telah memiliki cabang di wilayah Kabupaten Morowali dan Kabupaten  Tojo Una-Una

“Dompet Peduli Amanatul Ummah sebelumnya bernama LAZIS Amanatul Ummah dan beralamat di Jl. Sis Al-Jufri Kel. Uemalingku, Kecamatan Ratolindo, lalu berganti nama menjadi Dompet Peduli Amanatul Ummah, berpindah sekretariat ke Jl. Gunung Sinara, Kel. Uentanaga Atas (depan kantor lurah lama) Kec. Ratolindo” tutur Muhammad Awwal selaku ketua Dompet Peduli Amanatul Ummah. 

Ia menjelaskan bahwa pada pertengahan tahun 2023 lalu, dilakukan pelantikan pengurus Dompet Peduli Amanatul Ummah (DPAU) cabang Touna, yang terdiri dari: Ketua: sdr. Muhammad Awal;

Pengurus DPAU cabang Tojo Una-Una periode 2023 sampai dengan 2027 tertuang dalam Surat Keputusan No. ll/SK/DPAU/7/2023, berlaku sejak ditetapkan di Kab. Poso pada tanggal 14 Juli 2023 yang ditandatangani oleh Direktur DPAU sdr. Basri Rahim dan Sekretaris sdr. Khatijo. 

Selain berfungsi sebagai kantor, sekretariat tersebut juga dijadikan sebagai PAUD dan TPA. Saat ini murid PAUD baru berjumlah 4 orang, sementara santri pengajian sekitar 38 orang yang sudah terdaftar.

Yayasan Wakaf Amanatul Ummah (YWAU) yang berpusat di Poso bergerak diberbagai bidang yang salah satunya di bidang pendidikan, namun hingga saat ini DPAU cabang Tojo Una-Una juga merangkap mengurus bidang pendidikan yang sedang berjalan yakni PAUD dan TPA.

Berita Pilihan :  Relawan BARAKA Gencar Sosialisasikan Balon Cagub Dan Cawagub AA-AKA di Sigi

“mereka selalu bekerja sama dengan Yayasan Wakaf Amanatul Ummah Poso selaku pusat yayasan dan juga Pondok Pesantren Amanah di wilayah Poso Kota. Kerja sama tersebut berupa pengiriman penempatan Muballigh atau penceramah pada saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, penggalangan dana dan aktivitas sosial lainnya” kata Muhammad Awwal 

Selain itu yayasan ini juga bergerak di bidang sosial kemasyarakatan seperti pengelolaan Zakat dan penggalangan dana. 

Muhammad Awal berharap Dompet Peduli Amanatul Ummah agar bekerja sama dan membantu pihak keamanan khususnya Satgas Ops. Madago Raya dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas serta menangkal pemahaman radikal melalui kegiatan dakwah dan dunia pendidikan.

“Kami mendukung serta membantu tugas Polri dalam meminimalisir penyebaran paham radikal serta intoleran di sekitar wilayah Kel. Dondo Barat, Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Tojo Una-Una” Pungkasnya

Pos terkait