Ketua DPRD Donggala Paparkan Pentingnya Peran DPRD Dalam Mendukung Pemerintah Desa

  • Whatsapp
Ketua DPRD Donggala, Takwin didampingi Kepala Dinas PMD, Fauziah memberikan materi bimtek kepala Aparat Desa. (Photo: akib)

DONGGALA, BULLETIN.ID – Ketua DPRD Donggala, Takwin, dalam sebuah kesempatan memaparkan peran penting anggota DPRD dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Ia menekankan bahwa fungsi dan kewenangan anggota DPRD tidak hanya terbatas pada legislasi dan penganggaran, tetapi juga mencakup beberapa aspek penting lainnya.

“Peran anggota DPRD tidak hanya dalam membuat peraturan dan anggaran desa, Anggota DPRD juga memiliki tanggung jawab untuk mengawasi penerapan peraturan dan regulasi yang mengatur tentang desa, serta menampung aspirasi masyarakat melalui Rapat Dengar Pendapat (Hearing) dengan pemerintah daerah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).” jelas Takwin saat menjadi Narasumber pada kegiatan Bimtek yang diselenggarakan DPMD Donggala pada Sabtu Malam (01/06/24) di Citra Mulia Hotel Kota Palu.

Anleg DPRD Sulteng terpilih itu menjelaskan bahwa pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa merupakan hal krusial untuk memastikan kelancaran dan akuntabilitas pemerintahan desa. “Anggota DPRD harus proaktif dalam melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja pemerintah desa,” ujarnya.

Selain itu, Takwin juga menekankan pentingnya menampung aspirasi masyarakat melalui Rapat Dengar Pendapat (Hearing). “Hearing merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan, saran, dan ide mereka terkait dengan pembangunan desa, Aspirasi ini kemudian dapat ditindaklanjuti oleh anggota DPRD dalam bentuk kebijakan dan program desa.” jelasnya lagi.

Takwin juga mengajak seluruh anggota DPRD untuk bekerja sama dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, OPD, dan masyarakat dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Kerja sama yang baik sangatlah penting untuk mencapai tujuan bersama, yaitu mewujudkan pemerintahan desa yang transparan, akuntabel, dan berpihak pada masyarakat,” pungkasnya.

Dengan pemahaman yang jelas tentang peran dan tanggung jawabnya, diharapkan anggota DPRD Donggala dapat menjalankan tugasnya dengan efektif dan optimal, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa di Kabupaten Donggala. Demikian Ketua DPRD Donggala.

Berita Pilihan :  Dialog Dengan Pemuda Klasis GKST, AKA Janjikan Kunjungan Tindak Lanjut 

Pos terkait